IP Network Solusindo (IPNet Solusindo) baru-baru ini meluncurkan produk digital berupa webmail berdomain lokal dinamai merahputih.id. Hadirnya layanan baru ini mengusung semangat pentingnya memiliki identitas bangsa dalam dunia internet, khususnya e-mail. Dari sisi teknis diharapkan solusi ini dapat mengurangi beban biaya bandwith penggunaan internet internasional.

Pemain besar layanan e-mail di Indonesia saat ini masih dikuasai oleh Gmail dan Yahoo!. Berdasarkan data dari APJII pada 2016, dari total 132,7 juta pengguna internet sebanyak 81,8 juta adalah pengguna layanan Gmail dan sisanya 43,6 juta berasal dari Yahoo!.

“Kami tidak hadir untuk menantang keberadaan dua raksasa tersebut, tapi kami hadir atas kesadaran akan pentingnya memiliki identitas bangsa dalam dunia internet. Selain itu, dengan hadirnya merahputih.id maka beban biaya bandwith penggunaan internet internasional akan berkurang karena layanan e-mailnya ada di Indonesia. Jadi lebih efektif dan efisien,” terang Presiden Direktur IP Network Solusindo HE Hariyadi kepada DailySocial.

Hariyadi melanjutkan, prototype merahputih sudah dimulai sejak awal tahun ini dan telah melakukan soft launch pada Mei 2017 di Batam. Sejak saat itu, dia mengklaim jumlah pengguna baru meningkat dengan angka lebih dari 500 akun setiap harinya. Pencapaian ini membuat pihaknya terus terdorong untuk meningkatkan performanya agar pengalaman pengguna semakin baik dan nyaman.

Beberapa langkah digunakan IPNet untuk meningkatkan kepercayaan pengguna terlihat dari jaringan koneksi ke server merahputih yang diklaim diamankan dengan algoritma enkripsi termutakhir dan sesuai standar perusahaan. Keberadaan server dan data center tier tiga semua berada di Indonesia.

Untuk menarik pengguna, perusahaan menghadirkan kapasitas inbox email sebesar 50 GB, diklaim 5 kali lebih besar yang diberikan pemain luar. Sedangkan kapasitas ukuran lampiran e-mail sebesar 100 MB. Tak hanya itu, perusahaan juga menggaet Telkomsel dan sedang menjajaki untuk bekerja sama salah satu bank BUMN dan komunitas untuk menggunakan merahputih dalam komunikasi mereka ke nasabah dan komunitasnya.

“Harapan kami, merahputih.id tak hanya memberikan pilihan akses mengirimkan email saja, tapi juga dipilih dan dipercaya menjadi pilihan utama layanan e-mail di Indonesia. Target lainnya, kami ingin nantinya setiap anak Indonesia menggunakan e-mail merahputih.id.”

Setelah meluncurkan layanan e-mail merahputih.id, rencana berikutnya perusahaan akan mengintegrasikannya dengan produk lainnya yang akan segera diluncurkan, di antaranya penyimpanan data, group chatting, social media/forum, news portal, IPTV, marketplace, hingga collaboration messenger.

“Layanan webmail ini merupakan tahapan awal dari produk yang kami luncurkan dan ke depannya akan terintegrasi dengan beberapa produk lain,” tutup Hariyadi.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.