1. Startup

Strategi Mitraruma Bangun Bisnis Berkelanjutan Lewat Jasa Renovasi Rumah

Klaimnya telah menyelesaikan 4.500 proyek dengan transaksi GMV mencapai Rp362 miliar per Desember 2022

Laporan "Property Outlook 2023" yang disusun 99 Group mencatat sepanjang 2022 tren pasar properti di Indonesia menunjukkan perubahan pasar ke arah positif. Data internal menyebut pencarian properti di portal Rumah123.com dan 99.co rata-rata per bulan sebanyak 34 juta, serta waktu yang dihabiskan per kunjungan adalah 5 menit 50 detik, naik dari tahun 2021 yang tercatat 4 menit 23 detik.

Dari sisi demografi pencarian properti, hampir 51% adalah laki-laki dan sisanya adalah perempuan. Tren pergeseran usia konsumen juga tampak dengan dominasi dari generasi muda, yakni berusia 18-24 tahun berkontribusi sebesar 22% dan usia 25-34 tahun sebesar 26,4%. Fakta ini menandai peningkatan kesadaran akan pentingnya kepemilikan properti oleh generasi muda yang terus bertumbuh.

Startup penyedia solusi home & living Mitraruma menyambut kesadaran itu dengan menjawab tantangan yang masih mengganjal di lapangan, baik soal pemilihan bahan bangunan atau renovasi sesuai kemampuan finansial tanpa mengurangi standar kualitas. Startup yang didirikan pada 2020 ini menyediakan ekosistem yang menghubungkan pemilik hunian, pekerja bangunan, dan toko bangunan.

"Secara komprehensif, Mitraruma berupaya mengatasi pain point dari masing-masing segmen konsumen tersebut. Kami membantu pemilik hunian untuk mendampingi proses pemenuhan kebutuhan hunian secara end-to-end, mulai dari perencanaan desain, penentuan budget, pemilihan material, hingga pelaksanaan renovasi," jelas Co-Founder Mitraruma Sataporn Na Songkhla dalam keterangan resmi.

Kemudian, Mitraruma mendorong pekerja bangunan mendapatkan proyek konstruksi untuk meningkatkan profitabilitas mereka dengan mempermudah proses negosiasi, perencanaan desain dan biaya, pencarian material bangunan dengan harga kompetitif. Lalu, komunikasi dengan konsumen, dan supervisi proyek agar sesuai dengan BOM (Bill of Materials) dan BOQ (Bill of Quantities).

Sementara untuk toko bangunan, Mitraruma membantu mereka untuk ekspansi pasar, khususnya yang belum mampu memaksimalkan pemasaran di platform online. Saat ini ada empat pilar layanan yang disediakan: jasa renovasi rumah, jasa interior desain dan dekorasi rumah, jasa instalasi profesional, dan layanan home care & maintenance.

Solusi yang ditawarkan Mitraruma ini tidak beririsan dengan Dekoruma yang berfokus pada platform e-commerce khusus furnitur dan peralatan rumah tangga.

Renovasi kanopi yang telah diselesaikan oleh Mitraruma / Mitraruma

Diklaim, perusahaan menyelesaikan 4.500 proyek dari berbagai layanan. Kontribusi utamanya datang dari pengerjaan kitchen set, interior desain, pemasangan kanopi, dan renovasi kamar mandi. Adapun secara nilai transaksi bruto (Gross Merchandise Value/GMV) mencapai Rp362 miliar per Desember 2022, tumbuh 152% dari tahun sebelumnya sebesar Rp110 miliar.

"Empat service ini bisa dibilang mendominasi dan jadi prioritas utama saat ingin renovasi rumah, karena customer behaviour di Indonesia rata-rata merenovasi rumahnya secara bertahap sesuai kemampuan finansialnya," kata Songkhla saat dihubungi terpisah oleh DailySocial.id.

Rencana tahun ini

Terkait antusiasme pasar dengan layanannya, Mitraruma baru-baru ini meresmikan showroom perdana di Okabe Gallery Alam Sutera, Tangerang, Banten sebagai langkah meningkatkan customer experience. Di sana, pelanggan dapat berkonsultasi langsung dengan para ahli dan menyaksikan bahan-bahan material yang digunakan untuk renovasi, maupun instalasi di rumahnya nanti.

Selain itu, menghadirkan inovasi baru untuk kitchen set dengan kualitas terbaik dan harga kompetitif, hasil kerja sama dengan beberapa brand dan manufaktur. "Hal ini menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan layanan 3+1 Mitraruma, yaitu instalasi kitchen set, desain interior, pemasangan kanopi, dan renovasi kamar mandi."

Kitchen set ini berkonsep modular cabine berbahan dasarnya sudah grade E1 HMR Board yang jauh lebih ramah lingkungan. Lalu, proses produknya sudah menggunakan 100% mesin sehinga hasilnya lebih rapi, proses produksi lebih cepat, dan instalasi lebih mudah. Dengan demikian, aspek desain dan estimasi biaya pada proses desain pembuatan dapur jauh lebih mudah karena konsumen dapat menyusun sendiri kabin sesuai kebutuhan dan bugdet.

Strategi ketiga, menawarkan platform yang disesuaikan untuk seluruh konsumen terkait, mulai dari desainer interior, arsitek, perajin, dan kontraktor untuk meningkatkan kekuatan dan profitabilitas bisnis mereka. Terakhir, mengoptimalkan channel digital, menggandeng lebih banyak brand dengan online presence yang kuat.

Kitchen set project yang telah diselesaikan oleh Mitraruma

More Coverage:

"Sebagai platform online, Mitraruma mampu membangun positioning dan engagement secara digital, dan terkonversi menjadi sales. Trafik pengunjung website Mitraruma mencapai 3 juta setiap bulan."

Songkhla menambahkan, dalam upaya menjadi perusahaan berkelanjutan, inovasi layanan dan value perlu hadir untuk melayani konsumen. Setiap orang tentunya ingin punya rumah impian yang nyaman, tetapi terkadang punya masalah kepercayaan untuk mencari aplikator terpercaya. Dari sisi aplikator, mereka pun kesulitan untuk mendapatkan project secara rutin.

"Selain itu, kami juga ingin meng-upgrade layanan renovasi di Indonesia melalui standar instalasi yang kami punya. Dengan memastikan layanan yang transparan, kualitas tim aplikator, serta standar pemasangan sesuai Mitraruma, kami yakin bisa lebih bertahan di pasar ini," pungkasnya.

Saat ini, Mitraruma telah mendapat pendanaan dari Siam Cement Group (SCG), produsen semen asal Thailand. Tidak disebutkan detail nominal yang diterima dan kapan investasi diberikan. Songkhla hanya menyampaikan, dana yang diterima ini digunakan untuk mengembangkan platform dan inovasi layanan Mitraruma, salah satunya adalah menghadirkan kitchen set.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again