Strategi Nokia Indonesia Untuk Adopsi NFC di Indonesia
Beberapa hari yang lalu saya menuliskan
Hari Senin kemarin saya diundang oleh Nokia Indonesia untuk hadir dalam media briefing
NFC di ponsel memang tidak hanya tersedia di Nokia, namun dari sisi dukungan atas aplikasi lokal - Indonesia bisa jadi Nokia paling dominan. Teknologi NFC di Nokia juga sudah cukup lama tersedia, setidaknya sejak 2006, namun untuk Indonesia, pasarnya bisa saja baru mulai menggeliat.
Berikut beberapa poin yang saya dapatkan dari hasil bertanya dan mendengarkan penjelasan Irwan Hermawan - Product Manager dan Narenda Wicaksono - Developer Manager dari Nokia Indonesia.
Tentang adopsi NFC:
- Nokia Indonesia tidak lain dan tidak bukan harus berusaha untuk menjual sebanyak mungkin ponsel Nokia yang telah memiliki teknologi NFC untuk mendapatkan adopsi pengguna. Hal ini juga diamini oleh Irwan Hermawan. Tanpa tersedianya handset
yang banyak di pasar dan digunakan konsumen, maka NFC di ponsel Nokia seperti teknologi kesepian. - Strategi Nokia Indonesia untuk mengenalkan NFC pada konsumen adalah dengan pendekatan 'ringan' artinya Nokia berusaha untuk mengenalkan fasilitas NFC yang 'ringan' dulu, misalnya transfer file, pairing device
atau aplikasi (games atau yang lain). - Untuk secure
NFC yang bisa digunakan dalam proses pembayaran, perlu waktu untuk diimplementasikan. Irwan menjelaskan bahwa harus ada secure device termasuk sim card, kerja sama dengan bank serta masalah regulasi dan infrastruktur yang harus dipersiakan terlebih dahulu. - Untuk mendukung banyaknya pengguna ponsel NFC, Nokia juga memiliki 'solusi menyeluruh' jadi NFC tidak hanya bisa digunakan dengan ponsel (memindahkan file, bermain game
dan aplikasi lain) namun juga untuk perangkat lain, misalnya speaker. Selain itu perlengkapan NFC tag untuk mendukung pemanfaatan NFC juga didukung Nokia.
Tentang dukungan pada developer
- Selain dukungan atas pengembangan aplikasi, promosi juga disediakan Nokia Indonesia bagi aplikasi lokal NFC, sebagai contoh, Nokia Indonesia berencana untuk menyediakan fasilitas lapangan badminton di ritel store
sebagai salah satu promosi aplikasi game Smash Mania dari Agate. Game ini memungkinkan pengguna untuk bermain multiplayer dengan NFC serta augmented reality (meski terus terang pemanfaatan AR masih tahap awal). - Developer
juga mendapatkan dukungan untuk mengembangkan aplikasi mereka di ponsel atau ekosistem Nokia, termasuk akan ada beberapa aplikasi NFC lain yang akan dikembangkan, baik dari segmen game atau non-game. - Dukungan untuk kerja sama akuisisi merchants
juga akan dilakukan Nokia Indonesia, seperti misalnya untuk aplikasi Menoo! Tap Tap, Nokia Indonesia akan bekerja sama dengan Elasistas (pengembang aplikasi Menoo!) untuk akuisisi merchants termasuk penerapan NFC. - Contoh
merchant yang akan memaksimalkan NFC pada Menoo! adalah HaagenDazs. Nantinya pengunjung resto ice cream ini bisa mendapatkan voucher diskon dengan melakukan tap pada NFC tag tertentu setelah mereka memesan ice cream. - Selain lokal,
developer game global juga menyediakan game terkait teknologi NFC, sepert Rovio atau GameLoft.
Beberapa catatan lain:
Seperti yang pernah saya tuliskan,
Perwakilan dari Agate pada media gathering
Sedangkan untuk handset-nya sendiri, dengan harga yang ditawarkan di atas 2 juta bisa jadi saingan utama adalah ponsel Android. Namun untuk mereka yang fanatik dengan ponsel Nokia, bisa jadi akan tertarik membeli Nokia 600 dan 700.
Untuk OS sendiri, dua ponsel ini telah mengadopsi Symbian Belle. Belle dikatakan bukan hanya update
Selain itu, untuk widget email, sebelumnya hanya bisa melihat beberapa email
Terus terang, yang paling menarik bagi saya adalah pengembangan aplikasi dengan teknologi NFC, memang ini bisa jadi masih tahap awal, namun penerapan selanjutnya tentu menarik untuk dilihat, juga tidak masalah sebetulnya apakah Nokia atau pabrikan lain yang menyediakan NFC di handset
Dua ponsel terbaru ini sudah untuk pasar Indonesia, Irwan Hermawan - Product Manager Nokia Indonesia juga menjelaskan bahwa Nokia 700 sudah tersedia di pasar dan untuk Nokia 600 akan tersedia bulan Desember. Jadi, selain dari strategi Nokia Indonesia sendiri, mari kita pantau adopsi dari pengunaan NFC serta bagaimana para developer
Sign up for our
newsletter