1. Startup

Strategi Omnichannel Matahari Department Store Hadirkan MatahariStore

Situs e-commerce yang dikelola dan menggunakan infrastruktur MatahariMall

Hari ini Matahari Department Store (MDS) dan MatahariMall resmi men-spin off MatahariStore sebagai suatu situs e-commerce tersendiri yang fokus di segmen fashion. Langkah ini merupakan bagian dari strategi omnichannel menjangkau seluruh lapisan masyarakat di seluruh daerah Indonesia. Dalam pelaksanaannya, operasional MatahariStore akan menggunakan infrastruktur MatahariMall yang sudah ada.

Direktur Merchandising and Marketing MDS Christian Kurnia dalam acara peresmian hari ini mengungkapkan saat ini ada 148 gerai Matahari di 68 kota di Indonesia. Meskipun demikian, sesungguhnya mereka bisa membangun 400 gerai jika tidak karena keterbatasan infrastruktur dan sumberdaya. Untuk menjangkau lebih banyak lapisan inilah Matahari Store dihadirkan.

"MatahariStore.com hadir sebagai sebuah kesempatan bagi MDS untuk menjangkau mereka yang sebelumnya belum terjangkau oleh toko fisik," ujar Christian.

Matahari Store tidak berdiri sendiri. Dengan strategi omnichannel, MDS tetap terus membangun gerai fisik, setidaknya 6-8 gerai baru per tahunnya.

Berdasarkan informasi keterbukaan, selama 9 bulan pertama tahun ini MDS telah membukukan pendapatan sekitar 13 triliun Rupiah. Meskipun demikian, tidak ada informasi berapa persen yang telah disumbangkan melalui MatahariMall (sektor online). Sektor fashion adalah salah satu primadona layanan berbasis online.

“Kala MatahariMall.com menawarkan lebih dari berbagai jenis pilihan barang dan melayani pasar dengan cakupan yang sangat luas, MatahariStore.com lebih terfokus kepada fashion, mengandalkan kepercayaan dari pasar yang telah dibangun selama ini,” ujar CEO MatahariMall Hadi Wenas.

Christian menganalogikan MatahariMall sebagai sebuah mall, sedangkan gerai MDS di MatahariMall sebagai tenant. Sebagai salah satu tenant, kans MDS untuk mendapatkan pembeli lebih kecil. MatahariStore meng-highlight produk-produk MDS dengan look-and-feel yang diserupakan dengan gerai fisiknya. MatahariStore dijanjikan memberikan harga yang lebih murah dari gerai fisik karena berkurangnya biaya operasional, seperti biaya tempat dan pramuniaga.

Dengan menggunakan infrastruktur MatahariMall, pembelian melalui MatahariStore akan dilayani oleh sistem pembayaran MatahariMall. Pun demikian untuk pengiriman dan pengembalian produk. Proses ini juga bisa berlangsung di 649 titik Pickup & Pay MatahariMall di seluruh Indonesia.

Menurut informasi yang kami terima, konsumen MatahariMall tidak perlu membuat login baru jika ingin mengakses MatahariStore. Selain via web, MatahariStore juga tersedia dalam bentuk aplikasi di platform Android dan iOS.

Persaingan di sektor fashion commerce

Hadirnya MatahariStore menambah marak persaingan di sektor fashion commerce. Sebelumnya sudah ada Zalora, BerryBenka, Orami, dan sejumlah layanan e-commerce lainnya yang memperebutkan kue di segmen ini.

Melihat tren yang mendorong penjualan lebih banyak private label demi mengoptimalkan perolehan margin, MatahariStore memiliki keunggulan dengan banyaknya private label miliknya yang dikenal masyarakat. Strategi O2O yang dimiliki MatahariMall bisa menjadi senjata MatahariStore untuk mempertahankan posisinya.

“Saat ini, pasar digital di Indonesia masih menyimpan peluang yang luar biasa. Kolaborasi antara MatahariMall.com dan MatahariStore.com menjadi sinergi strategis antara kedua perusahaan di bawah naungan Lippo Group untuk memaksimalkan potensi pasar Indonesia," tutup Hadi.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again