25 April 2013

by Iqbal Farabi

Strategy Analytics: iOS Kuasai 48% Pasar Tablet, Android Semakin Merapat

Salah satu lembaga analisis pasar, Strategy Analytics, baru-baru ini mengeluarkan laporan mengenai pasar perangkat tablet selama kuartal pertama 2013. Laporan mengenai pasar tablet ini dibuat dengan menggunakan perhitungan terhadap estimasi angka shipment perangkat-perangkat tablet yang dikeluarkan oleh berbagai brand berskala global.

Berdasarkan laporan Strategy Analytics tersebut, diperkirakan selama kuartal pertama 2013 lalu penjualan tablet mencapai angka 40,6 juta unit, meningkat sebesar 117% dari kuartal yang sama di tahun 2012. Pangsa pasar tablet masih dikuasai oleh perangkat-perangkat berbasis iOS yakni iPad dan iPad Mini. Secara keseluruhan, perangkat berbasis iOS terjual sebanyak 19,5 juta unit dengan pangsa pasar sebesar 48,2%.

Meskipun meningkat secara jumlah unit, pangsa pasar tablet iOS semakin dikejar ketat oleh Android. Pada kuartal pertama 2013 lalu perangkat berbasis Android secara keseluruhan diperkirakan terjual sebanyak 17,6 juta unit, jauh meningkat dari angka 6,4 juta unit pada kuartal pertama tahun 2012. Pangsa pasar Android saat ini meningkat menjadi 43,4%, juga meningkat dari 34,2% pada kuartal pertama tahun sebelumnya.

Sementara di posisi ketiga, Windows dengan tablet Surface miliknya diperkirakan telah terjual sebanyak 3 juta unit tablet dan mendapatkan pangsa pasar sebesar 7,5%. Selengkapnya, berikut adalah tabel pangsa pasar perangkat tablet berdasarkan data dari Strategi Analytics.

 

Sumber: PR News Wire.