1. Lifestyle

Strategy Analytics: Pasar Smartphone Tembus Angka 250 Juta Unit

Pasar smartphone kembali mencatatkan rekor pada kuartal ketiga 2013 lalu. Paling tidak berdasarkan laporan terbaru dari Strategy Analytics, untuk pertama kalinya pasar ponsel pintar menembus angka 250 juta unit terjual (yang diindikasikan dari angka pengiriman atau shipment) dalam satu kuartal. Angka ini merupakan peningkatan 45% dari angka penjualan pada Q2 2013.

Jika ditelusuri lebih detil berdasarkan produsen, laporan Strategy Analytics memperlihatkan semakin menguatnya Samsung sebagai penguasa pangsa pasar perangkat ponsel pintar. Produsen asal Korea Selatan ini mencatatkan angka penjualan sebanyak 88,4 juta unit menempatkan Samsung sebagai pemilik 35,2% pangsa pasar.

Sementara pesaing terdekatnya, Apple, mencatatkan angka penjualan 33,8 juta unit dengan pangsa pasar sebesar 13,4%. Hanya saja, perlu diingat bahwa pada laporan Q3 ini, produk-produk terbaru Apple seperti iPhone 5S, iPhone 5C, iPad Air dan iPad Mini Retina belum masuk hitungan karena memang baru dirilis setelah bulan September.

Selanjutnya posisi lima besar diisi oleh Huawei, LG, dan Lenovo masing-masing di posisi ketiga, keempat, dan kelima. Huawei untuk pertama kalinya berhasil masuk ke posisi tiga besar dengan angka penujualan 12,7 juta unit, meningkat 67% dari angka penjualan Huawei di Q3 2012. Gambaran lengkap mengenai kondisi pasar smartphone bisa dilihat pada gambar berikut ini.

 

Sumber: Strategy Analytics via CNET.[gambar via]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again