1. DScovery

Struktur Organisasi Perusahaan: Pengertian, Tujuan, Fungsi, dan Manfaat

Dalam sebuah perusahaan, pasti terdapat struktur organisasi. Berikut artikelnya!

Dalam pelaksanaannya, sebuah petusahaan memerlukan struktur organisasi agar alurasi dan jalur koordinasi kerja lebih tertata dan terstruktur. Selain itu, adanya struktur organisasi pada perusahaan berperan penting dalam pembagian tugas pekerjaan. Struktur organisasi pasti dimiliki oleh setiap perusahaan yang ada, karena perannya sangat penting.

Kalau kamu ingin membangun sebuah perusahaan, kamu tidak boleh melewatkan struktur organisasi perusahaan. Berikut artikel mengenal struktur organisasi perusahaan.

Pengertian Struktur Organisasi Perusahaan

Struktur organisasi perusahaan merupakan bagan berisi jabatan serta peran yang dijalankan setiap orang sesuai dengan tanggungjawabnya. Biasanya, struktur perusahaan memuat garis koordinasi lengkap dengan deskripsi kerja setiap posisinya. Tentu saja, dengan adanya struktur organisasi pekerjaan setiap individu menjadi lebih jelas dan terarah.

Tujuan Struktur Organisasi Perusahaan

Dibuatnya struktur organisasi perusahaan bukan tanpa alasan, tentu saja ada tujuannya. Tujuan struktur organisasi perusahaan yaitu agar setiap individu menjadi lebih bertanggungjawab atas jabatan yang diemban olehnya. Adanya struktur organisasi perusahaan juga bisa membuat alurasi dan koordinasi kerja menjadi lebih jelas.

Fungsi Struktur Organisasi

Kalau sebuah perusahaan tidak memiliki struktur organisasi perusahaan, dapat dipastikan cara kerja anggota perusahaan menjadi tidak beraturan. Berikut fungsi struktur organisasi perusahaan.

Mendeskripsikan Tugas dan Tanggungjawab Setiap Posisi

Perusahaan pastinya memiliki berbagai posisi yang diisi oleh berbagai individu juga. Nah, struktur organisasi berfungsi untuk mendeskripsikan tugas dan tanggungjawab setiap posisi. Misalnya, Anto mengisi posisi sebagai Video Editor, sudah pasti tugas dan tanggungjawabnya tidak jauh-jauh dari Video Editor dan tidak akan mengerjakan pekerjaan di luar posisi tersebut. Mengingat sudah ada struktur organisasinya.

Memperjelas Alurasi Pekerjaan

Selanjutnya, struktur organisasi berfungsi untuk memperjelas alurasi pekerjaan. Alurasi yang jelas dibutuhkan agar tidak terjadi miss komunikasi dalam bekerja karena sudah terstruktur. Selain itu, agar kamu menjadi tahu dengan siapa saja kamu akan berhubungan terkait dengan koordinasi pekerjaanmu.

Meningkatkan Motivasi Kerja

Struktur organisasi yang jelas membuat pekerja menjadi lebih nyaman dan termotivasi dalam bekerja. Alasannya, karena adanya jenjang karier yang bisa diraih. Sudah jelas pekerja akan lebih semangat dan termotivasi dalam menjalankan pekerjaannya.

Manfaat Struktur Organisasi Perusahaan

Pada pelaksanannya, adanya struktur organisasi perusahaan memiliki manfaat yang baik. Berikut manfaat struktur organisasi perusahaan.

Meningkatkan Komunikasi Antar Anggota

Adanya struktur organisasi tentu saja bisa meningkatkan komunikasi antar anggota. Komunikasi yang baik bisa membuat koordinasi dan pembagian tugas dalam bekerja menjadi lebih mudah. Pembagian tugas tentu saja harus sesuai dengan kemampuan anggota perusahaan.

Menjadi Lebih Efisien

Struktur organisasi perusahaan juga sangat berdampak pada sistem operasional kerja. Struktur organisasi perusahaan yang tepat akan membuat pekerjaan menjadi lebih efisien, karena setiap individu memiliki tanggungjawabnya masing-masing.

Membuat Anggota Lebih Produktif

Kejelasan dari struktur organisasi perusahaan bisa membuat operasional pekerjaan menjadi lebih efisien dan meningkatkan rasa produktivitas bagi pekerja. Alasannya, pekerja sudah mengetahui perannya masing-masing, sehingga tidak ada yang mengemban dua bidang pekerjaan sekaligus. Pekerja juga bisa menjadi lebih fokus dalam mengerjakan tugas dan tanggungjawabnya pada perusahaan.

Contoh Struktur Organisasi Perusahaan

Berikut ini contoh bagan struktur organisasi perusahaan.

Illustrasi Struktur Organisasi Perusahaan - Kompas.com

Berikut artikel mengenal struktur organisasi perusahaan. Kamu bisa menjadi lebih mengetahui struktur perusahaan dengan membaca artikel berikut. Semoga artikel di atas bermanfaat, ya!

Dapatkan Berita dan Artikel lain di Google News

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again