1. Startup

Submisikan Segera Ide Aplikasimu untuk Atasi Masalah Desa Tertinggal

Satu hari lagi batas submisi ide aplikasi untuk program Solusi Desa Broadband Terpadu

Batas submisi ide dalam bentuk video untuk program Solusi Desa Broadband Terpadu (SDBT) tak lama lagi akan ditutup. Bagi para inovator muda yang telah memiliki ide, segera lakukan submisi, karena pada 21 Mei 2016 mendatang formulir akan segera ditutup. Dari ide yang disubmisikan, akan dipilih 50 ide terbaik untuk mengikuti sesi bootcamp dan mentoring, guna mematangkan ide yang telah disusun, bersama para mentor handal di bidang teknologi informasi dan komunikasi.

Program SDBT diinisiasi oleh Kemenkominfo untuk memberikan solusi berpaltform digital untuk permasalahan umum terkait kesejahteraan di desa tertinggal, yang meliputi masalah pencaharian, kesehatan, keselamatan dan keamanan. Dirasa masalah-masalah tersebut dapat diminimalisir dengan penerapan teknologi tepat guna dan pendampingan yang tepat. Program ini ditargetkan untuk hadir di desa-desa dengan akses jaringan broadband dan listrik yang sudah mumpuni, artinya jika pun inovasi yang diciptakan berbasis online tetap bisa diimplementasikan.

Terdapat tiga kategori desa yang akan menjadi objek penerapan solusi, yaitu desa pertanian, desa nelayan dan desa pedalaman. Tentu ketiganya akan memiliki pendekatan yang berbeda ketika inovator menghadirkan solusi. Misalnya terkait mata pencaharian, di desa nelayan mungkin bisa diciptakan sebuah online marketplace yang mampu menghubungkan para nelayan dengan pemasok hasil tangkapan, sehingga para nelayan bisa mendapatkan hasil yang lebih optimal, dan tahu kebutuhan pasar.

Lain lagi saat berbicara di desa pedalaman, pendekatannya mungkin seputar edukasi memanfaatkan sumber daya alam yang dapat dioptimalkan untuk menghasilkan produk atau olahan yang bernilai tinggi. Begitu pun untuk masalah lain, layanan keamanan misalnya, inovator bisa menghasilkan solusi yang memudahkan masyarakat di pedalaman untuk bisa mudah terbubung dengan pihak berwajib, karena hal yang tidak diinginkan kadang bisa terjadi sewaktu-waktu, dan perlu diperhatikan bahwa kebanyakan akses ke daerah tersebut sulit.

Masih banyak lagi solusi yang dapat dihadirkan dengan batasan masalah dan kategori wilayah implementasi yang telah didefinisikan. Kini saatnya bagi Anda untuk mau berinovasi lebih keras untuk turut serta dalam membangun kesejahteraan menyeluruh di Indonesia. Karena walau bagaimana pun, inovator muda menjadi elemen kunci dalam kemajuan sebuah bangsa.

Submisikan segera idemu. Dan mari bergotong-royong membangun bangsa Indonesia tercinta. Info lebih lanjut, kunjungi laman http://solusi.broadband-desa.go.id/.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again