1. Startup

Platform Social Commerce Supermom Masuk Indonesia, Ingin Berdayakan Kalangan Ibu Jadi 'Influencer'

Supermom adalah platform social commerce asal Singapura yang fokus menjual produk dan brand kebutuhan keluarga

Platform social commerce Supermom memboyong 25 merek Singapura ke Indonesia untuk memperluas jaringan ibu-ibu yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan sebagai influencer yang membantu menjualkan produk mereka, atau mereka sebut sebagai Key Opinion Moms (KOM).

Inisiatif ini bertujuan untuk memperkenalkan 25 merek Singapura ke pasar parenting Indonesia yang tengah berkembang. Disebutkan bahwa Indonesia adalah pasar utama produk perawatan anak di Asia Tenggara, dengan tingkat kelahiran yang tinggi, setara 17 per 1000 penduduk.

Didukung juga oleh tingginya penggunaan e-commerce, yang mana kini semakin banyak transaksi online untuk kebutuhan perawatan anak. Selain itu, kelas menengah yang sedang berkembang di Indonesia, berpotensi mendongkrak permintaan produk ibu dan anak, gaya hidup, hingga kecantikan.

Faktor-faktor di atas menjadikan Indonesia yang potensial bagi pemilik merek yang ingin mendorong bisnisnya di tengah pertumbuhan gaya hidup digital.

"Inisiatif ini merupakan win-win solution bagi merek Singapura dan para orang tua di Indonesia. Kami berupaya membangun ekosistem yang mendukung pertumbuhan bisnis dan inovasi dengan memfasilitasi pertemuan antara merek dan mitra lokal, serta melibatkan jaringan KOM Supermom," ujar Co-Founder dan Group CEO Supermom Luke Lim.

Tak hanya penetrasi pasar, inisiatif ini disebut berfokus pada pengembangan komunitas dan penciptaan lapangan kerja bagi ibu-ibu di Indonesia melalui merek-merek yang akan berpartisipasi.

Ekspansi ini akan dimulai pada 17-19 November di Sheraton Gandaria City dan Gandaria City Mall di Jakarta. Programnya memiliki agenda B2B, mempertemukan dan mencocokkan merek Singapura dengan mitra Indonesia yang kompatibel untuk menawarkan berbagai peluang, mulai dari pencarian bakat, pengembangan produk, saluran distribusi ritel, dan pemasaran.

Dari 25 merek Singapura ini, sejumlah di antaranya adalah Her Velvet Vase, Kino Biotech Kinohimotsu), Flexiconcepts (Trusty Care), Good pharma Dermatology (Suu Balm), Skin Inc Solutions, Science Ventures Learning, Origin Herbal Hair Treatment, Axe Factor, Premium Baby Hub, dan Growthwell Group.

Supermom adalah platform social commerce yang menyediakan produk untuk kebutuhan keluarga. Platform asal Singapura ini sempat mendapat suntikan pendanaan seri A senilai $8 juta dari AC Ventures pada awal 2023.

Di Indonesia juga tengah berkembang platform yang melayani kebutuhan keluarga. Salah satu layanan yang mirip adalah IbuSibuk, besutan Orami setelah diakuisisi Sirclo.

More Coverage:

IbuSibuk merupakan program pemberdayaan ekonomi ibu yang menghubungkan mereka dengan berbagai brand untuk berkolaborasi di berbagai macam program social commerce, baik sebagai nano-influencers, maupun reseller. Anggota tidak hanya diberi akses ke berbagai kampanye dari brand, tetapi juga mendapatkan pelatihan eksklusif yang berkaitan dengan pengembangan diri dan pelatihan untuk menjadi influencer profesional.

Aplikasi Tentang Anak juga menyediakan ekosistem layanan holistik, seperti pelacak pertumbuhan anak, konsultasi, dan pelibatan orang tua dalam perkembangan anak.

Kemudian, Lilla by Sociolla adalah platform e-commerce untuk produk ibu dan anak yang juga dilengkapi fitur tracker untuk memantau perkembangan kehamilan.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again