1. Startup

SuperWifi Untuk Kurangi Beban Jaringan dan Naikkan Pendapatan

Dalam acara Java Soulnation akhir minggu kemarin, Indosat meluncurkan layanan terbaru mereka, Super Wifi. Dengan layanan ini, Indosat memberikan layanan internet melalui WiFi berkecepatan hingga 2 Mbps gratis kepada pelanggan paket datanya. 

Tidak perlu menggunakan username dan password, pelanggan paket data Indosat yang sedang berada dalam jangkauan wilayah WiFi dapat langsung menikmati layanan ini. Layanan ini dapat dinikmati oleh pelanggan paket data Indosat yang menggunakan tablet atau smartphone yang mendukung teknologi EAP-SIM.

Layanan ini saat ini dapat dinikmati oleh pelanggan Indosat di sekitar 7.000 titik di Jawa Bali. Nantinya, Indosat akan terus menambah layanan ini hingga menjangkau 30.000 titik di kota-kota besar di seluruh Indonesia.

Selain untuk meningkatkan layanan kepada pelanggan, program SuperWifi ini juga menguntungkan bagi operator. Dikutip IndoTelko, Presiden Direktur Indosat, Harry Sasongko, mengatakan bahwa Indosat meluncurkan SuperWiFi untuk mengakali investasi untuk layanan data yang tidak hanya bisa mengandalkan pembangunan BTS radio 3G. Membangun BTS membutuhkan investasi yang cukup mahal dan seringkali terbebani dengan trafik jaringan yang cukup padat tetapi nilai keuntungan yang dihasilkan belum tentu ikut naik seiring dengan kenaikan trafik.

Sebaliknya, untuk membangun satu titik hotspot hanya dibutuhkan investasi sebesar dua sampai enam juta Rupiah. Satu titik hotspot WiFi mampu menjangkau pengguna dengan radius 500 meter sampai satu kilometer dan dapat digunakan sekaligus oleh ratusan pelanggan. Selain lebih mahal, satu stasiun BTS 3G hanya bisa dimanfaatkan oleh sekitar 20 pengguna.

Telkomsel Lebih Dulu

Selain Indosat, Telkomsel terlebih dahulu meluncurkan program serupa pada Juni 2012 lalu. Telkomsel melakukan tiga percobaan layanan yakni layanan WiFi untuk pelanggan regular, layanan WiFi untuk pelanggan corporate, dan layanan WiFi untuk Service Set Identifier (SSID). Sama seperti Indosat, layanan WiFi ini dapat dinikmati oleh pelanggan paket data Flash Telkomsel yang ponsel atau tabletnya mendukung teknologi EAP-SIM.

Saat ini layanan WiFi Telkomsel dapat dinikmati di 6.000 titik di seluruh Indonesia. Telkomsel merencanakan untuk membangun 100.000 titik di 50 kota besar di Indonesia hingga akhir tahun ini. Jumlah itu akan bertambah menjadi sekitar 1 juta titik pada tahun 2013.

Menurut, peneliti dari Indonesia ICT Institute, Heru Sutadi, solusi WiFi yang dihadirkan oleh operator menjadi tantangan tersendiri. Selain teknologi yang digunakan masih tergolong baru, operator juga harus bisa mengedukasi pelanggannya untuk berpindah menggunakan hotspot di titik-titik yang disediakan hotspot WiFi tersebut.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again