[DSResearch] Survei Penggunaan Layanan Asuransi Digital di Indonesia

[DSResearch] Survei Penggunaan Layanan Asuransi Digital di Indonesia

Asuransiku, Axa MyPage, dan Asuransi88 menjadi platform insurtech paling populer
Survei DSResearch dan Jakpat tentang penggunaan platfom asuransi digital
Survei DSResearch dan Jakpat tentang penggunaan platfom asuransi digital

Insurtech (Insurance Technology) adalah bagian dari transformasi digital industri asuransi yang bertujuan meningkatkan jangkauan dan kemudahan akses oleh masyarakat. Di Indonesia bentuknya sudah bermacam-macam, mulai platform yang menjajakan produk asuransi, agregator pembanding produk asuransi, hingga sistem informasi dan klaim online asuransi.

Menurut berbagai sumber, termasuk dari OJK, penetrasi pengguna asuransi di Indonesia baru mencapai 3% dari total populasi yang ada. Untuk mengakselerasi peningkatannya maka dibutuhkan inovasi produk dan layanan secara berkelanjutan. Platform insurtech mungkin saja bisa menjadi bagian untuk meningkatkan penetrasi tersebut, dengan fleksibilitas akses yang diberikan.

Untuk melihat antusiasme masyarakat terhadap platform insurtech, DSResearch melakukan survei ini. Terdapat 2004 responden pengguna ponsel pintar yang terlibat dari berbagai wilayah di Indonesia dengan beragam tingkat ekonomi. Survei ini turut didukung JakPat, pengembang platform mobile survei online.

Berikut beberapa poin yang didapat dari survei:

  • Produk asuransi kesehatan menjadi yang paling banyak diminati, sebanyak 86% dari 1296 responden pengguna layanan asuransi menggunakannya.
  • Sebagian besar responden menilai bahwa layanan asuransi yang ada saat ini memiliki proses registrasi dan klaim yang cukup mudah. Didukung aturan dan pelayanan pelanggan yang dinilai baik.
  • Sebanyak 69% dari total responden yang berlangganan produk asuransi mengetahui tentang adanya insurtech.
  • Asuransiku, Axa MyPage, dan Asuransi88 menjadi platform insurtech paling populer menurut responden.

Masih banyak temuan lainnya, termasuk preferensi pengguna terhadap produk asuransi, dan fitur insurtech yang paling banyak digunakan yang dapat ditemukan di laporan DSResearch “Insurance Technology Survey 2019” yang dapat diunduh secara gratis.

Logo Jakpat Jajak Pendapat

JakPat (Jajak Pendapat) adalah open survey platform berbasis mobile yang menghubungkan pemasar dengan lebih dari 355 ribu responden dari berbagai wilayah di Indonesia dalam hitungan jam. Lebih lanjut mengenai JakPat, kunjungi situs resminya melalui https://jakpat.id.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Survei
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…