Disebutkan pula dalam survei bahwa yang mengakses menggunakan perangkat mobile mencapai 29 juta orang. Itu berarti lebih dari 50% pengguna Internet di Indonesia memanfaatkan mobile untuk berselancar di dunia maya. Dengan kond, isi negara kepulauan dan kontur yang tidak rata, adalah lumrah jika mobile Internet menjadi pionir.

Untuk memperoleh perkiraan tersebut, MarkPlus Insight mengadakan survei terhadap 2161 orang pengguna Internet di sebelas kota besar. Orang yang disurvei memiliki rentang usia 15-64 tahun dengan golongan sosial ekonomi ABC. Rata-rata dari mereka mengakses Internet lebih dari 3 jam per hari.

Sebagai perbandingan, berdasarkan data dari beberapa media, Indonesia tercatat memiliki 40.8 juta akun Facebook sebagai pengguna terbesar kedua di dunia setelah Amerika Serikat. Dengan penetrasi “cuma” 23% (seperempat) dari total populasi memang masih banyak potensi yang bisa digali. Di Cina sendiri sebagai pengguna Internet terbesar di dunia, penetrasi Internet sudah mencapai sepertiga dari jumlah penduduk. Yang penting bagi saya adalah bagaimana memanfaatkan Internet sebagai sarana positif peningkatan kualitas hidup dan penyebaran informasi di Indonesia.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.