1. DScovery

Survei: Pengertian, Ciri, Tujuan, dan Macamnya

Survei adalah proses pengumpulan data atau informasi dari sekelompok responden dengan tujuan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang suatu topik atau masalah tertentu.

Salah satu jenis penelitian yang menarik adalah penelitian survei. Terutama untuk orang-orang yang menyukai tantangan dan hal-hal baru. Survei tidak hanya memberikan data yang diinginkan tetapi juga memberikan pengalaman tambahan. 

Jika kita berbicara tentang penelitian survei, mungkin ada di antara kamu yang masih bertanya-tanya apa pengertiannya, tujuan apa, dan jenis penelitian survei apa yang dilakukan. Selanjutnya, mari kita lihat. 

Pengertian Survei

Penelitian survei adalah suatu metode penelitian yang melibatkan pengumpulan data melalui wawancara atau kuesioner kepada responden. Tujuan dari penelitian survei ini adalah untuk memperoleh data mengenai topik atau hal tertentu. Data yang diperoleh biasanya merupakan generalisasi dari pengamatan yang tidak terlalu mendalam.

Metode penelitian survei umumnya digunakan dalam penelitian kuantitatif, di mana data dapat dikumpulkan baik untuk masa lampau maupun saat ini. Penelitian survei juga memiliki sifat komparatif asosiatif, komparatif, asosiatif, serta hubungan struktural yang dapat dianalisis dengan menggunakan path analisis dan structural equation model.

Pengertian Survei Menurut Para Ahli

Para ahli memberikan pengertian penelitian survei sebagai berikut:

  1. Fred N. Kerlinger (2004) mendefinisikan penelitian survei sebagai riset yang mengkaji populasi besar atau kecil dengan memilih sampel dari populasi tersebut untuk menemukan insidensi, distribusi, dan interrelasi relatif dari variabel-variabel penelitian.
  1. Asmadi Alsa (2004) menjelaskan bahwa penelitian survei adalah prosedur di mana peneliti melakukan survey atau memberikan angket atau skala kepada sampel untuk mendeskripsikan sikap, opini, perilaku, atau karakteristik responden. Hasil survei ini digunakan oleh peneliti untuk membuat klaim tentang kecenderungan dalam populasi.
  1. Margono (2005) menyebutkan bahwa metode penelitian survei adalah suatu pengamatan kritis yang dilakukan untuk memperoleh informasi yang jelas dan baik terhadap suatu persoalan tertentu di dalam daerah tertentu.
  1. Nazir (2005) menjelaskan bahwa arti dari penelitian survei adalah penyelidikan guna memperoleh fakta-fakta tentang gejala yang ada dan mencari keterangan-keterangan faktual mengenai institusi sosial, ekonomi, atau politik dari kelompok atau individu tertentu.
  1. Widodo (2008), survei adalah jenis penelitian yang digunakan untuk mengatasi isu-isu besar dan aktual dengan melibatkan populasi yang sangat luas. Dalam survei, penggunaan sampel ukuran besar menjadi penting karena memungkinkan pengambilan data dari sejumlah besar responden. Meskipun demikian, metode pengukuran variabel dalam survei cenderung lebih sederhana dengan menggunakan instrumen yang singkat dan mudah dipahami.

Ciri Penelitian Survei

Ciri-ciri penelitian survei mencakup:

  1. Melibatkan sampel yang mampu mewakili populasi: Penelitian survei menggunakan teknik pengambilan sampel acak (sampling probabilistic) untuk memastikan bahwa sampel yang diambil dapat mewakili karakteristik populasi secara umum.
  1. Informasi dikumpulkan langsung dari responden: Dalam penelitian survei, informasi diperoleh melalui tanggapan atau pandangan yang disampaikan oleh responden. Hal ini bisa dilakukan melalui kuesioner tertulis atau wawancara lisan.
  1. Sampel harus representatif dan sebanding dengan populasi: Agar hasil survei dapat digeneralisir ke seluruh populasi, penting untuk memiliki ukuran sampel yang relatif besar dan proporsional terhadap jumlah anggota dalam populasi.

Tujuan Penelitian Survei

Sebagai sebuah metode penelitian, survei memiliki tujuan yang sangat penting dalam peran dan kontribusinya. Berikut adalah beberapa tujuannya:

  1. Deskripsi

Tujuan utama dari penelitian survei adalah untuk memberikan deskripsi yang detail tentang topik yang diteliti oleh peneliti. Hal ini bertujuan agar apa yang ingin disampaikan dapat diterima dan dipahami oleh orang lain.

  1. Eksplanasi

Selain sebagai deskripsi, penelitian survei juga bertujuan untuk mengkaji dan menjelaskan hubungan sebab-akibat antara variabel-variabel tertentu melalui pengujian hipotesis.

  1. Eksplorasi

Penelitian survei juga bertujuan untuk melakukan eksplorasi atau penyelidikan awal terhadap suatu topik sebelum dilakukan lebih lanjut dengan menggunakan metode penelitian lainnya.

  1. Evaluasi

Survei juga dapat digunakan sebagai alat evaluasi terhadap program-program yang sedang berjalan atau akan dirumuskan di masa depan. Tujuan evaluasi ini mempermudah penyesuaian bagi program agar tetap sesuai dengan harapan.

  1. Prediksi

Salah satu tujuan lain dari survei adalah membuat prediksi tentang hal-hal tertentu berdasarkan data yang dikumpulkan dalam proses penelitian tersebut.

  1. Penelitian Operasional

Survei sering digunakan dalam jenis-jenis studi operasional di mana fokusnya adalah pada banyak variabel yang masih terkait dengan aspek operasional suatu sistem atau organisasi.

  1. Pengembangan Indikator Sosial

Dalam bidang humaniora, survei sering digunakan untuk mengembangkan berbagai indikator terkait dengan masalah-masalah sosial secara berkala.

Bagi mereka yang ingin melakukan penelitian survei, penting untuk memahami jenis-jenis survei yang ada. Ada beberapa jenis penelitian survei yang dapat dilihat dari segi instrumen dan rentang waktunya. Untuk informasi lebih lanjut tentang hal ini, silakan merujuk pada sumber-sumber yang relevan.

Macam Penelitian Survei

Penelitian survei memiliki berbagai macam bentuk, seperti yang dijelaskan berikut ini:

  1. Berdasarkan Instrumentasi

   - Penelitian survei dapat menggunakan instrumen berupa kuesioner atau wawancara (terstruktur atau tidak terstruktur).

   - Kuesioner dapat terdiri dari pertanyaan tertutup dengan pilihan jawaban yang telah disediakan, atau pertanyaan terbuka untuk mengeksplorasi jawaban responden.

   - Wawancara memungkinkan peneliti untuk mengajukan pertanyaan lanjutan dan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang jawaban responden.

  1. Berdasarkan Rentang Waktu yang Dibutuhkan

   - Survei cross-sectional: Mengumpulkan informasi dari responden dalam satu periode waktu, biasanya menggunakan kuesioner pada satu titik waktu.

     Contoh: Survei tentang pandangan remaja terhadap merokok pada Mei 2010.

   - Survei longitudinal: Mengumpulkan informasi selama periode waktu tertentu atau dari satu titik waktu ke titik lainnya, dengan tujuan memeriksa perubahan data yang dikumpulkan.

     Contoh: Studi kohort, studi panel, dan studi tren.

Demikianlah penjelasan tentang survei dari pengertian hingga macam-macam penelitian survei. Semoga artikel ini membantumu!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again