SwipeRx Pertemukan Komunitas Apoteker di Asia Tenggara

SwipeRx Pertemukan Komunitas Apoteker di Asia Tenggara

Memberikan sertifikasi hingga pelatihan secara online, telah membantu 77 ribu orang ahli farmasi
SwipeRx bantu apoteker terhubung dengan komunitas di Asia Tenggara / SwipeRx
SwipeRx bantu apoteker terhubung dengan komunitas di Asia Tenggara / SwipeRx

Startup layanan kesehatan asal Singapura, mClinica meluncurkan aplikasi SwipeRx yang diklaim merupakan platform terlengkap untuk menghubungkan apoteker secara global. Didirikan pada Januari 2017 lalu, SwipeRx telah membantu hingga 77 ribu orang ahli farmasi, termasuk di dalamnya satu dari tiga apoteker di Indonesia dan satu dari dua apoteker di Filipina.

Kepada DailySocial, COO mClinica Vasil Rusinov mengungkapkan, SwipeRx yang merupakan komunitas digital ahli farmasi, secara eksklusif mampu memenuhi kebutuhan farmasi profesional di seluruh Asia Tenggara. Apoteker, asisten apoteker hingga pemilik apotik dan siswa farmasi bisa mengunduh aplikasi SwipeRx dan menikmati semua fitur yang ada.

“Pengguna bisa memanfaatkan SwipeRx untuk mencari lowongan pekerjaan hingga bertanya dan memberikan jawaban seputar farmasi dan masalah kesehatan lainnya dengan sesama apoteker di seluruh Asia Tenggara.”

Kontribusi terbesar dari SwipeRx kepada komunitas farmasi adalah menyediakan pelatihan dan pengembangan keterampilan kepada apoteker di Indonesia. Mulai dari sertifikasi apoteker yaitu Satuan Kredit Partisipasi (SKP) hingga melakukan pembaruan surat ijin secara online.

“Hal ini tentunya memudahkan apoteker di Indonesia yang didominasi oleh ibu-ibu rumah tangga, tidak harus lagi menghadiri seminar di lokasi yang berbeda. Hanya memanfaatkan aplikasi SwipeRx semua dapat dilakukan dengan mudah,” kata Vasil.

SwipeRx mencatat sudah ribuan farmasi di 34 propinsi di Indonesia yang memanfaatkan pelatihan dan pengembangan modul dari SwipeRx melalui smartphone mereka.

Menjalin kemitraan dengan Ikatan Apoteker Indonesia

Selain menyediakan informasi dan pelatihan secara online, SwipeRx juga menjalin kemitraan dengan lembaga hingga komunitas apoteker di Indonesia. Diantaranya adalah dengan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) dan Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI).

“Kami juga mendukung komunitas mikro profesional dan anggota lainnya yang tertarik memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan karir mereka,” kata Vasil.

Masih menjalankan kegiatan pemasaran dan brand awarenss secara organik dan word of mouth, SwipeRx tidak hanya ingin memfokuskan kepada kota-kota besar saja di Indonesia, namun wilayah pelosok yang masih membutuhkan informasi soal kesehatan.

“Tujuan dari mClinica meluncurkan SwipeRx adalah agar SwipeRx bisa menjadi platform de facto untuk semua profesional farmasi. Kami percaya dengan memberikan informasi dan akses edukasi untuk mereka, bisa meningkatkan layanan kesehatan di masing-masing komunitas,” tutup Vasil.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Interview
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…