Categories

Interview

Didukung Smartfren, Switch Mudahkan Pembelian Kartu Perdana dan Paket Data

Tren pengembangan aplikasi oleh operator seluler telah dimulai. Sebelumnya Telkomsel meluncurkan by.U

Yenny Yusra - 11 March 2020

Bertujuan untuk memudahkan pengguna mendapatkan layanan telekomunikasi secara fleksibel, Switch resmi diperkenalkan. Melalui aplikasi ini, pengguna bisa melakukan pembelian kartu perdana dan mendapatkan paket data internet.

Founder & CEO Switch Ega Praditya mengungkapkan, “Cara kerjanya tidak jauh berbeda dengan proses pembelian SIM Card operator lainnya. Hanya dengan mengedepankan proses online, pengguna bisa langsung mengunduh aplikasi dan memilih nomor SIM yang diinginkan. Usai pembayaran dilakukan kami akan mengirimkan SIM Card tersebut langsung ke rumah pengguna.”

Untuk pembayaran disediakan opsi melalui transfer bank (Permata, Mandiri, dan Danamon), kartu kredit, dan gerai Alfamart. Selain itu Switch menjalin kemitraan dengan dompet digital GoPay dan Dana. Mereka juga merangkul JNE dan GoSend sebagai mitra logistik.

“Kami ingin menghadirkan cara pembelian dengan konsep on demand seperti yang diterapkan oleh layanan e-commerce. Pengguna bisa membeli paket data internet yang diinginkan atau fitur-fitur lainnya sesuai dengan kebutuhan,” kata Ega.

Didukung Smartfren

Ki-ka: Dadang Hidayat Co-Founder & Chief Bussines Officer, Ega Praditya Founder & CEO, Andry The Co-Founder & Chief Experience Officer / Switch
Ki-ka: Dadang Hidayat (Co-Founder & Chief Bussiness Officer), Ega Praditya (Founder & CEO), Andry The (Co-Founder & Chief Experience Officer) / Switch

Kendati founder mengklaim layanan tersebut beroperasi secara independen, inisiatif aplikasi Switch didukung penuh PT Smartfren Telecom (Smartfren). Paket data yang ditawarkan berasal dari nomor-nomor berbasis Smartfren.

“Bisa dibilang proses ini yang membedakan kami dengan operator telekomunikasi lainnya. Meskipun kami menjalankan bisnis layaknya seperti perusahaan operator telekomunikasi pada umumnya, namun kami ingin memangkas penggunaan pulsa yang dibebankan kepada pengguna,” kata Ega.

Konsep serupa sudah diluncurkan Telkomsel. Bernama by.U, aplikasi tersebut didesain untuk memudahkan pengguna mendapatkan paket data dan layanan telekomunikasi lainnya dari perusahaan.

Meskipun tidak benar-benar murni MVNO, konsep yang dihadirkan by.U dan Switch, jika berhasil, menjadi jembatan bahwa branding yang berjalan di atas suatu jaringan seluler tertentu bisa berjalan, terutama jika ditujukan ke kaum muda yang lebih melek digital.

Sebagai pemanis, Switch juga dilengkapi berbagai fitur lain, seperti berita, voucher makanan, game, dan sistem berbasis reward.

“Target kami hingga akhir tahun 2020 adalah terus mengembangkan produk dan menghadirkan inovasi terbaru [..] dan tentunya menampung semua feedback dari pengguna agar kami bisa memenuhi kebutuhan mereka,” kata Ega.

Application Information Will Show Up Here

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter