Categories

Gadget

Synaptics Kembangkan Trackpad Canggih dengan Pemindai Sidik Jari

Wujudnya sama seperti trackpad biasa, sebab sensor sidik jarinya sudah tertanam pas di balik permukaan kacanya

Glenn Kaonang - 6 June 2016

Berkat fitur Windows Hello, pemindai sidik jari perlahan menjadi fitur standar untuk laptop. Karena itulah pabrikan yang selama ini bertanggung jawab atas trackpad banyak laptop, Synaptics, mencoba mengembangkan solusi yang lebih canggih dari yang sudah ada sekarang.

Dipamerkan di ajang Computex 2016 kemarin, solusi anyar ini pada dasarnya merupakan trackpad biasa berlapis kaca. Namun yang unik adalah, sensor pemindai sidik jarinya telah ditanamkan pas di balik permukaan kaca tersebut.

Berbeda dari yang sudah ada sekarang, solusi baru ini tidak membutuhkan bidang khusus pada bagian trackpad, seperti yang bisa kita lihat dari gambar di atas, yang juga merupakan garapan Synaptics sebelumnya.

Berdasarkan percobaan yang dilakukan oleh Engadget, wujud trackpad ini tidak berbeda dari trackpad pada umumnya. Fungsinya pun sama persis, akan tetapi ketika otentikasi sidik jari dibutuhkan, pengguna tinggal meletakkan jarinya di atas trackpad.

Synaptics belum mau mengungkapkan kapan pastinya teknologi ini akan muncul di produk-produk besutan brand mitranya. Namun yang bisa dipastikan, teknologi serupa juga bisa diterapkan pada smartphone. Jadi ke depannya sangat mungkin kita bisa memiliki smartphone dengan sensor sidik jari tertanam di bawah layarnya.

Sumber: Engadget.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter