Glossary

Tabungan Emas Pegadaian, Keuntungan, Cara dan Modal Awal

Rangkuman informasi seputar layanan tabungan emas oleh Pegadaian, mulai dari pengertian hingga keuntungannya.

Kamu tertarik investasi emas tapi budget minim? Tenang, kamu bisa menggunakan tabungan emas yang sudah menjadi layanan investasi saat ini, misalnya dari Bank BCA, Bank BSI, Bank BNI, Bank Mandiri, Pegadaian dan sejenisnya.

Selain perusahaan finansial, kamu juga bisa menabung emas lewat marketplace dan aplikasi online lainnya seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Pluang, DANA, dan masih banyak lagi. Kali ini, kami akan membahas layanan tabungan emas dari sang pelopor, yaitu Pegadaian.

Penasaran bagaimana cara kerja dan keuntungan layanan tersebut? Simak rangkumannya berikut ini.

Pengertian Tabungan Emas Pegadaian

Pegadaian dianggap sebagai pemrakarsa pertama layanan tabungan emas ini. Konsep tabungan emas sendiri memungkinkan nasabah membeli emas 24 karat dengan cara dicicil. Nasabah akan menyetor sejumlah uang tunai yang akan dikonversikan ke dalam besaran emas sesuai harga emas yang berlaku.

Layanan tabungan emas ini juga terdapat di Pegadaian Syariah dan Pegadaian Digital. Di Pegadaian, kamu bisa menabung emas mulai dari 0,1 gram hingga 100 gram emas per harinya. Cara investasi dengan tabungan emas dari Pegadaian sangat mudah, kamu hanya perlu Rp 50.000-Rp 70.000 saja untuk membeli saldo emas pertama.

Kemudian, siapkan kartu identitas (KTP/Paspor), isi formulir, dan bayar sejumlah biaya administrasi pembukaan rekening. Jika rekening tabungan emas hilang atau rusak, kamu bisa menggantinya dengan menghubungi call center di 0213155550 atau datang langsung ke gerai Pegadaian terdekat.

Selengkapnya, cek daftar biayanya di bawah ini.

Sumber: Pegadaian

Nah, dari tabungan emas yang sudah terkumpul, kamu bisa mencairkannya baik berupa uang tunai maupun emas secara fisik. Nilai jual tersebut akan disesuaikan pula dengan harga emas di pasar. Untuk cetak emas sendiri, kamu akan dikenai biaya cetak sesuai massa emas yang akan dicairkan.

Berikut cara mencairkan tabungan emas Pegadaian:

  1. Jual kembali emas ke Pegadaian sesuai harga pasar yang beredar. Pastikan kamu menjualnya saat harga emas sedang mengalami kenaikan.
  2. Pilih bentuk pencairan. Kamu bisa mencairkannya berupa uang tunai atau berupa fisik. Tinggal mengajukannya melalui Pegadaian Digital atau datang langsung ke gerai Pegadaian terdekat. Jangan lupa perhatikan biaya cetak untuk emas fisik.
  3. Tunggu hasil pencairan. Nikmati hasil pencairan berupa uang tunai di rekening ataupun tunggu 15-45 hari untuk menikmati hasil investasi berupa emas batangan.

Keuntungan Tabungan Emas Pegadaian

Secara umum, banyak keuntungan yang akan kamu dapat ketika investasi emas. Mulai dari sifatnya yang aman dan nilai yang cenderung stabil, hingga berfungsi sebagai dana darurat. Konsep tabungan emas dari Pegadaian juga sangat menguntungkan, karena:

  1. Budget murah. Dibanding langsung membeli emas batangan, tabungan emas Pegadaian dapat memberi kesempatan bagi investor yang ingin investasi emas dengan budget
  2. Biaya penitipan dan administrasi. Biaya penitipan dan administrasi yang dikenakan Pegadaian relatif lebih murah dibanding layanan investasi emas Antam.
  3. Terdapat simulasi keuntungan tabungan emas. Melalui laman Pegadaian, kamu bisa memanfaatkan fitur simulasi keuntungan untuk memperkirakan keuntungan yang kamu dapat dengan jumlah tabungan emas tertentu.

Kerugian Tabungan Emas Pegadaian

  1. Biaya penitipan dan administrasi. Meski lebih unggul dari Antam, pengenaan biaya dari Pegadaian masih sedikit lebih mahal dibandingkan aplikasi online tabungan emas lain seperti Pluang, Indogold, Tamasia.
  2. Durasi cetak lama. Kalau kamu ingin mencetak emas, kamu harus menunggu 15-45 hari. Selain itu, kamu masih dikenai biaya cetak emas serta biaya penitipan setelah tahun pertama.
  3. Hanya cocok untuk investasi jangka panjang. Meski Pegadaian memiliki harga buyback lebih besar dari perusahaan lain, yaitu 97%, tetapi nilai jual emas masih tetap di bawah harga beli. Ini artinya, kamu harus sabar menunggu investasi emas menghasilkan keuntungan yang lebih baik dalam jangka panjang.

Begitulah pengertian, keuntungan, dan kerugian menggunakan layanan tabungan emas dari Pegadaian. Sebelum terjun ke investasi emas, ada baiknya kamu ikuti tips berinvestasi yang aman terlebih dahulu. Selamat berinvestasi ya!

Sumber gambar header: Pegadaian

***

Ikuti kuis dan challenge #NgabubureaDS di Instagram @dailysocial.id selama bulan Ramadan, yang akan bagi-bagi hadiah setiap minggunya berupa takjil, hampers hingga langganan konten premium DailySocial.id secara GRATIS. Simak info selengkapnya di sini dan pantau kuis mingguan kami di sini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter