Categories

Berita

TADA Umumkan Pendanaan dari Giftee, Kini Hadir di Malaysia dan Vietnam

Solusi TADA sudah diimplementasikan melalui kehadiran Giftee di Malaysia dan Vietnam

Marsya Nabila - 17 September 2021

Platform loyalitas dan reward TADA mengumumkan investasi tambahan yang diterima dari Giftee, Inc., perusahaan e-gift end-to-end asal Jepang, dengan nominal dirahasiakan. Dana segar akan dialokasikan untuk peningkatan teknologi lebih lanjut, serta memperluas kehadirannya di pasar regional.

TADA menjadi portofolio kedua Giftee, Inc. dalam investasi ke startup di Asia Tenggara setelah AdEasy, startup asal Malaysia pada Juli 2020.

Giftee adalah platform e-gift end-to-end yang menyediakan solusi dari penerbitan hingga distribusi sejak 2010. Perusahaan ini sudah terdaftar di bursa Jepang sejak 2019. Pada 2018, perusahaan ekspansi ke Malaysia (Giftee Malaysia) dan tiga tahun berikutnya hadir di Vietnam (Giftee Mekong) melalui perusahaan patungan antara Giftee Malaysia dan Mekong Communications.

TADA dan Giftee adalah perusahaan dengan fokus bisnis yang beririsan. TADA fokus pada platform loyalitas dan rewards yang memungkinkan bisnis membangun hubungan mendalam dengan pelanggan hingga karyawan. Tak hanya itu, TADA menghubungkan bisnis untuk berkolaborasi dalam jaringannya. Perusahaan telah melayani lebih dari 400 klien yang bergerak di berbagai vertikal. Beberapa namanya, adalah AXA, Allianz, DBS, UOB, Castrol, Exxon, Kalbe Nutritionals, dan Erha Dermatology, dan masih banyak lagi.

Lewat investasi ini, sekaligus menandakan ekspansi TADA ke Malaysia dan Vietnam yang dimulai pada Agustus kemarin. Dalam tahap awalnya, platform TADA terhubung dengan layanan e-gift Giftee Malaysia dan Giftee Mekong. Solusi baru tersebut diharapkan dapat membantu meningkatkan loyalitas pelanggan di masing-masing negara. Selanjutnya, Grup Giftee akan memperluas solusi bisnisnya bersama TADA di negara lainnya di Asia Tenggara.

Dalam keterangan resmi, CEO TADA Antonius Taufan mengatakan, pihaknya optimis kemitraannya dengan Giftee mampu menawarkan solusi yang cerdas dan lengkap untuk program loyalitas di berbagai lanskap bisnis. “Dengan pendanaan, keahlian dari Giftee, dan kecocokan pasar yang kuat, kami yakin bahwa TADA akan menggandakan inovasi produk dan berupaya secara agresif memperluas kehadiran kami secara internasional,” kata dia, Kamis (16/9).

CEO Giftee Mutsumi Ota menambahkan, TADA adalah salah satu platform loyalitas dan reward terkemuka, yang menawarkan berbagai fitur, termasuk berlangganan, keanggotaan, dan referral. “Melalui aliansi modal dan bisnis ini, kami sangat menantikan untuk berkolaborasi dengan TADA, terutama di kawasan Asia Tenggara, dengan menghubungkan bisnis platform e-gift, layanan e-gift, dan platform TADA,” tutup Ota.

Pada April kemarin, TADA mengumumkan pendanaan Seri B1 yang dipimpin oleh MDI Ventures, dengan keterlibatan Telkomsel Mitra Inovasi (TMI) dan investor sebelumnya, Finch Capital dan Sovereign Capital.

Peluang program loyalitas

Tidak banyak startup lokal yang bermain di ranah loyalitas. Selain TADA, ada GetPlus, Member.id, dan OttoPoint. Awal tahun ini Member.id baru mengumumkan pendanaan seri A yang didapat dari East Ventures dan Traveloka. OttoPoint adalah bagian dari divisi fintech di OttoDigital Group, anak usaha Grup Salim.

Secara industri, program loyalitas adalah salah satu strategi pemasaran yang berkelanjutan dan berorientasi jangka panjang. Perusahaan pun dapat mengetahui customer insight melalui program tersebut. Menurut riset yang dirilis wirecard, sebanyak 75% pelanggan memutuskan untuk melakukan pembelian, setelah mendapat reward dari brand tertentu.

Selain itu, reward yang diterima pelanggan memicu mereka untuk melakukan pembelian lebih banyak lagi. Hampir semua responden mengatakan, setelah mendapatkan pengalaman program loyalitas yang baik, mereka lebih bersedia untuk menerima penawaran dan notifikasi dari brand tersebut. Bahkan, bersedia untuk mengikuti akun media sosial brand, usai mendapatkan reward yang positif dari brand tersebut.

Sumber: wirecard

Sumber: wirecard

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter