Kisah Sukses Game Tahu Bulat

Di Balik Kisah Sukses Game Tahu Bulat yang Fenomenal

Buah kerja keras 5 tahun studio game, Own Games
Game Tahu Bulat karya Own Games
Game Tahu Bulat karya Own Games

Siapa yang hari ini tidak tahu game berjudul Tahu Bulat karya Own Games? Game tersebut telah berhasil menembus top chart di Google Play mengalahkan game sekelas Clash of Clans.

Namun tidak banyak yang tahu apa kunci dibalik kesuksesan game tersebut. Tahu Bulat bukan hanya sebuah game yang diluncurkan dalam rangka mengikuti tren, tapi game ini merupakan kesuksesan yang berbuah dari kerja keras dan konsistensi.

Perjalanan Own Games

Own Games bukanlah pemain baru di industri game Indonesia. Mereka telah aktif di belantara game lokal sejak 2011. Tahun itu merupakan era kejayaan Nokia dan Own Games salah satu pengembang game yang cukup sukses di Nokia. Salah satu game mereka yang berjudul Beneath the Well dan Own Pet Dragons pernah di-pre load oleh perangkat Nokia. Sudah 5 tahun lebih Own Games terus berkarya dan mengembangkan produk-produk mereka.

Game-game Own Games di Google Play
Game-game Own Games di Google Play

Di platform Android, Own Games sudah merilis cukup banyak judul game seperti Own Super Squad, Own Pet Dragon, Eyes On Dragon, Own Kingdom, dan masih banyak lainnya.

Dilihat dari jumlah download-nya, mungkin bisa dikatakan game-game tersebut belum sesukses Tahu Bulat. Ada yang download-nya tinggi, ada yang biasa saja, ada yang kurang. Namun satu hal yang pasti, sukses itu hanya bisa dicapai dengan kerja keras dan juga konsistensi. Own Games terus berkarya dan berinovasi mencoba mewujudkan game-game terbaik hingga akhirnya lahir game Tahu Bulat.

Tahu Bulat 1 Juta Download
Tahu Bulat 1 Juta Download

Lahir dari keisengan

Game Tahu Bulat ini juga lahir dari program rutin Own Games membuat satu game design setiap dua minggu sekali. Awalnya program ini dibuat untuk meningkatkan pengetahuan dan skill terkait pengembangan game mereka agar bisa terus berinovasi.

Pada acara Pasar Komik Bandung 2016, Own Games iseng membuat game yang awalnya hanya ide saja tetapi akhirnya dibuat dalam bentuk game. Dan di versi awal yang dibuat dalam waktu satu hari ini saja, ternyata respon pengunjung acara tersebut sangat bagus, ini membuat Own Games mengerjakan game tersebut lebih serius lagi sebelum merilisnya ke publik.

Mirip seperti kisah kesuksesan Flappy Bird, game Tahu Bulat menjadi viral karena mendapat exposure dari media. Dalam waktu singkat, game Tahu Bulat bisa mendapat ratusan ribu download. 

Hal ini bukan hanya karena nama game-nya saja yang unik, tapi game-nya sendiri juga tidak sembarangan. Dengan model genre clicker game, Tahu Bulat menjadi game yang sangat sederhana dan mudah dimainkan. Namun jangan salah, konten di dalam game ini sangat dalam dan adiktif.

Mengalahkan Clash of Clans
Mengalahkan Clash of Clans

Konten di dalam game

Jika exposure yang sama dialami oleh game developer lain, mungkin belum tentu memiliki kisah yang indah dan mendapatkan download yang terus bertambah. Mungkin ketika exposure tersebut berhenti, game tersebut juga akan hilang. Own Games menunjukkan kelasnya dan juga pengalamannya di dunia game dengan terus memberikan update dan mencoba mendengarkan feedback dari pemainnya, sehingga game ini mendapatkan pengguna yang loyal.

Ada kolaborasi dengan tokoh komik Ghosty, ada update fitur di dalam game yang menarik, hingga update tematik seperti menyambut bulan Ramadhan. Own Games secara konsisten dan tekun terus menjaga game Tahu Bulat agar bisa merangkul para pemainnya. Mental seperti itulah yang harus dimiliki oleh para game developer di Indonesia.

Berbagi dengan pengembang game lain

Terkait dengan mental positif, Own Games juga tidak ingin menikmati kesuksesan mereka sendiri. Mereka berbagi kebahagiaan dengan game developer lokal lainnya dengan cara memberikan spot iklan khusus untuk game buatan Indonesia. Untuk bisa memajukan ekosistem game di Indonesia, memang dibutuhkan kolaborasi yang erat.

Hal menarik lain tentang studio game asal Bandung ini adalah mereka juga menganggap ringan kasus munculnya cloning dari Tahu Bulat. Mereka menganggap bahwa rejeki sudah ada jatahnya masing-masing sehingga tidak perlu dipersoalkan lebih jauh. Jika Anda sering melihat Play Store untuk kategori game, maka Anda mungkin sempat melihat berbagai game cloning Tahu Bulat.

Tahu Bulat Turut Membantu Developer Lokal Lainnya
Tahu Bulat Turut Membantu Developer Lokal Lainnya

Tentunya akan menarik untuk melihat perkembangan game dan kejutan apa lagi yang akan dihadirkan oleh Own Games.

Bagi Anda yang belum memainkan game yang sukses mengangkat derajat game lokal ini, Tahu Bulat sudah bisa dimainkan untuk pengguna Android. Unduh game-nya di Google Play secara gratis.

Application Information Will Show Up Here

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Game
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…