Dark
Light

Tahukah Anda, Gmail Sedang Merayakan Ulang Tahunnya yang Kesepuluh

2 mins read
April 2, 2014

Ingatkah Anda masa-masa dimana kapasitas penyimpanan arsip sebesar satu gigabyte adalah hal yang luar biasa? Diprakarsai oleh Google, Gmail fokus pada tiga hal: fitur search, storage dan speed. Dengan 1GB, Anda bisa menyimpan 500.000 lembar email. Tak terasa waktu sangat cepat berlalu, tanggal 1 April 2014 lalu Gmail berulang tahun yang kesepuluh.

Gmail adalah sedikit dari layanan online yang mempopulerkan sistem beta invitation-only. Saat diumumkan di tahun 2004, ada sebuah kebanggaan tersendiri bagi mereka yang mendapatkan akses Gmail. Satu gigabyte adalah jumlah yang luar biasa pada saat itu, bahkan perangkat thumb drive-pun masih sulit mengejar angka 1GB.

 

Info menarik: 4 Faktor Penting Dalam SEO Untuk Pemula

 

Tentu saja Anda tidak bisa semena-mena menggunggah file sebesar 1GB. Anda bisa meng-upload maksimal 25Mb dalam satu email – jauh lebih tinggi dibandingkan kompetitornya saat itu, seperti Hotmail, yang hanya menyediakan 2 hingga 4Mb. Penampilan Gmail yang konservatif tidak membuatnya terlihat kaku, pengguna menyukai gaya a la forum ini, apalagi dengan interface ber-search engine yang membuat mereka mudah mencari email.

Bukan hanya revolusioner di mata konsumen biasa, para programer web juga memuji Gmail. Mereka berpendapat bahwa ia mempionirkan penggunaan teknik pengembangan web Ajax.

Kemudian hampir tiga tahun setelahnya, tepatnya bulan Februari 2007, akhirnya Gmail bisa diakses oleh semua orang – tidak lagi membutuhkan undangan. Walaupun begitu, layanan ini masih belum lepas dari status beta.

Bagian penting yang tidak boleh kita lupakan dari Gmail ialah Gmail Mobile. Seperti nama yang diusungnya, ini merupakan layanan email di perangkat bergerak. Pertama kali dirilis pada bulan Desember 2005, Gmail Mobile tersaji dalam 40 bahasa. Yang paling mengagumkan adalah pengguna bisa memanfaatkannya tanpa dikenakan biaya.

Didesain khusus untuk layar ponsel yang kecil, Gmail Mobile memungkinkan pengguna untuk meng-compose, membaca, mengelola arsip, membalas, mem-forward hingga memberikan label pada email. Empat tahun setelah itu, Google mengumkan untuk mendukung para pemilik iPhone dan iPod Touch dengan fitur Push Mail menggunakan Google Sync.

 

Info menarik: Aplikasi Android Pilihan 23 – 29 Maret 2014

 

Empat tahun lalu, Google merilis sebuah plugin yang mampu mengintegrasi layanan telepon ke dalam interface Google Chat dalam Gmail. Setelah sedikit kesulitan mencari nama, Google akhirnya menetapkan bahwa fitur ini dipanggil dengan Google Video and Voice Chat. Layanan ini memungkinkan para pengguna di Amerika dan Kanda untuk saling telepon secara gratis dan akhirnya menjadi salah satu bagian dari Google+ Hangouts.

Seperti contoh Google Video and Voice Chat, jejaring sosial Google+ yang diluncurkan pada tahun 2011 memanfaatkan banyak fungsi dan fitur yang dipionirkan oleh Gmail. Dan kita tahu layanan cloud storage Google Cloud berhutang banyak hal pada Gmail. Pada tahun 2012, Google dengan bangga menyiapkan penyimpanan sebanyak 7,5 higga 10 gigabyte secara cuma-cuma – dan kapasitas ini terus bertambah.

Dan setahun setelahnya, Google mengintegrasikan fitur-fitur storage di Gmail, Google Drive dan Google+ Photos dalam satu wadah, memberikan user medium penyimpanan data dengan total 15GB. Tentu saja untuk Anda yang tidak puas dengan 16GB, Anda bisa menyewa penyimpanan tambahan per bulan – memberikan total kapasitas dua kali lebih besar, hingga 30GB.

 

Info menarik: Dinomarket Jadi Partner Resmi Platform Online Payment Gateway Samsung

 

Hingga saat ini, Gmail bisa dibilang masih menjadi ‘raja’ layanan email gratis. Banyak orang bertanya-tanya, seberapa banyak sebenarnya pengguna Gmail saat ini? Hanya Google yang tahu angka tersebut dengan pasti, tapi bayangkan ini: pada bulan Juni 2012 saja pengguna aktif Gmail telah terhitung sebanyak 425 juta jiwa.

Sumber: Time.com dan Wikipedia.org. Gambar header: Edudemic.com.

Previous Story

Obrum PL0-01, Tank Prototype Pertama dengan Kemampuan Siluman

Next Story

Giliran Chris Roberts yang Berkomentar Soal Akuisisi Oculus Rift oleh Facebook

Latest from Blog

Don't Miss

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

Tak hanya bertambah cerdas, Gemini juga semakin fleksibel dalam memenuhi

Google Cloud Skills Boost: Pelatihan Online untuk Berkarir di Industri Teknologi

Pengguna Google Cloud Skills Boost bisa akses beragam course dan