1. Lifestyle

Tambahan Opsi Ruang Penyimpanan iCloud Sebesar 2TB Telah Tersedia

Dirilis menjelang kehadiran perangkat iPhone terbaru

Seminggu menjelang peluncuran iPhone baru pada tanggal 7 September mendatang, Apple menambahkan pilihan 2TB untuk layanan penyimpanan awan iCloud.

Opsi ini dibanderol dengan harga $19.99 per bulannya atau Rp 300 ribu. Bagi yang berminat untuk berlangganan, bisa langsung ke Settings > iCloud > Storage di iPhone atau iPad.

Tambahan ini tidak mengubah pilihan harga sebelumnya yang sudah ada. Rp 15ribu untuk 50GB, Rp 45ribu untuk 200GB, Rp 149ribu untuk 1TB selama sebulan. Apple sendiri memberikan ruang penyimpanan gratis sebesar 5GB yang bisa Anda manfaatkan untuk menyimpan dokumen ataupun backup file dari perangkat.

Penyimpanan gratis yang diberikan oleh Apple sempat dikeluhkan oleh beberapa pengguna. Pasalnya Google lebih bermurah hati dengan memberikan ruang penyimpanan gratis lebih besar dari Apple, sebesar 15GB.

Langkah Apple ini dinilai sebagai sebuah petunjuk akan hadirnya perangkat yang memiliki ruang penyimpanan lebih besar daripada versi yang ada sekarang. 9to5Mac beberapa waktu lalu melaporkan tentang adanya komponen memory chip 256GB yang diduga sebagai milik iPhone generasi berikutnya (iPhone 7/ iPhone 6SE?). Selain itu terdapat pula komponen dual kamera seperti rumor yang ramai dibicarakan.

Untuk sekarang baru iPad Pro 9.7 inch yang memiliki ruang penyimpanan sebesar 256GB. Apple pun dikabarkan akan membuang iPhone atau iPad dengan kapasitas 16GB. Langkah yang cukup masuk akal. Mengingat kualitas kamera iPhone yang semakin bagus otomatis video dan photo yang dihasilkan juga semakin bagus dan memperlukan ruang penyimpanan yang lebih besar. iPhone pun sempat dicela karena masih menghadirkan perangkat berkapasitas 16GB.

Penambahan opsi storage 256GB juga saya rasa masuk akal terkait dengan fitur Optimized Storage yang nantinya hadir di macOS Sierra. Dengan Optimized Storage, Anda tak perlu repot-repot mengatur file yang tersimpan karena Mac dapat secara otomatis memindahkan dokumen dan file lainnya yang tersimpan di iCloud, sehingga ruang penyimpanan Mac bisa lebih lega.

iCloud merupakan pilihan yang lebih baik jika Anda bekerja sepenuhnya dengan perangkat Apple. Integrasi dengan sistem yang lebih baik menjadi keunggulan iCloud dibandingkan dengan layanan lain.

Sumber: The Verge

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again