StartupBerita

Tampung Aspirasi Warga, Pemkot Surabaya Hadirkan Situs Urun Rembug

Menampung usulan strategis untuk pembangunan kota Surabaya 5 tahun ke depan

Hingga tanggal 31 Januari 2016 mendatang warga surabaya yang tergabung dalam komunitas, kelompok hingga perorangan bisa memberikan masukan, usulan, ide hingga kritikan kepada Pemerintah Kota Surabaya Jawa Timur. Melalui situs yang dibuat khusus untuk menampung semua aspirasi dari warga Surabaya, urun rembug dengan sistem daring (dalam jaringan atau online) diluncurkan.

Sebagai bagian dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021, semua warga Surabaya diberikan kesempatan untuk ambil bagian dalam hal menyampaikan aspirasinya untuk meningkatkan infrastruktur kota Surabaya sejalan dengan visi dan misi dari Walikota terpilih.

"Pengertian isu strategis itu harus berdampak luas bagi masyarakat. Jadi, masyarakat diharapkan bisa memilah-milah, mana isu strategis berskala kota dan mana permasalahan individu. Kalau lingkupnya kecil, dapat disampaikan melalui Musrenbang," ujar Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya Agus Imam Sonhaji kepada Tempo.

Di dalam situs juga dimuat beberapa isu strategis yang diharapkan bisa disampaikan oleh warga Surabaya, tentunya yang berkaitan dengan perencanaan pembangunan yang memberikan dampak signifikan bagi warga Surabaya 5 tahun ke depan.

Sejauh ini isu-isu yang menjadi perhatian warga Surabaya diantaranya adalah, transportasi perkotaan, pembangunan berkelanjutan, pariwisata, pembangunan wilayah dan tata ruang, pemuda dan olahraga, perumahan dan pemukiman dan masih banyak lagi.

"Usulan yang tidak diterima juga ditampilkan dengan disertai alasannya. Kami ingin semuanya terbuka dan fair," kata Agus.

Bagi warga surabaya yang ingin turut serta memberikan usulan untuk pembangunan kota Surabaya bisa langsung mengakses situs Urun rembug, melakukan registrasi disesuaikan dengan kategori yaitu individu atau organisasi, kemudian langsung melakukan login disertai dengan nomor induk kependudukan (NIK) Surabaya dahulu, setelah itu bisa menuliskan usulan sesuai dengan aspek yang sudah ada atau menambahkan beberapa poin baru.

Dengan dihadirkannya situs Urun rembug ini, pemerintah kota Surabaya ingin membuktikan bahwa semua pembangunan yang ada di kota Surabaya semua berorientasi kepada masyarakat.

Setelah Jakarta dan Bandung, kota Surabaya nampaknya saat ini tengah berbenah dan berupaya untuk memanfaatkan teknologi. Selama ini kota Surabaya kerap dijadikan the next city dalam hal ekspansi startup atau perusahaan yang berbasis teknologi. Baru-baru ini kota Surabaya juga menjadi tuan rumah kegiatan Startup Sprint Surabaya yang digelar pertengahan bulan Desember 2015. Pemenang Startup Sprint Surabaya dan Walikota Surabaya Tri Rismaharini akan mengunjungi sejumlah startup di Silicon Valley.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again