Salah satu bentuk untuk menyikapi pertumbuhan bisnis adalah ekspansi. Mencoba menjajakan produk atau layanan ke luar regional. Sampai di titik inilah tantangan bisnis fase berikutnya akan dimulai. CEO Payoneer Scott Galit dalam sebuah tulisan menyebutkan bahwa ekspansi bisnis ke ranah internasional merupakan sebuah hal yang tidak pernah menjadi mudah. Selalu ada tantangan-tantangan dalam setiap prosesnya.

Berikut beberapa ini hal yang menandakan bisnis siap berekspansi.

Bayangan ekspansi dan segenap risikonya sudah mulai terpikirkan

Sebuah bisnis tidak akan menempati posisi nyaman untuk waktu yang lama. Pendiri atau pihak manajemen pasti mencari tantangan lain untuk menjaga bisnis tetap berkembang dan pendapatan bisa terus naik. Ekspansi adalah salah satunya. Salah satu hal yang menandakan bisnis sudah layak (untuk setidaknya disiapkan) untuk pergi ke pasar baru, ke regional berbeda adalah skenario ekspansi dan beberapa risikonya sudah mulai ada di benak pemimpin dan sudah mulai dibicarakan di level manajemen.

Pemikiran ekspansi juga harus dilengkapi dengan pembahasan risiko-risikonya, seperti berapa pajak yang harus dibayarkan kepada pemerintah setempat, bagaimana persaingan di tempat baru, bagaimana potensi pasar, dan beberapa hal esensial lainnya. Jika sampai di titik ini artinya perusahaan sudah bisa memulai rencana untuk ekspansi.

Kombinasi yang baik di tingkat manajemen dan operasional lokal

Ketika berpikir untuk melakukan ekspansi salah satu hal yang perlu dilakukan bisnis adalah introspeksi. Tak hanya mengenai produk dan kesesuaiannya dengan pasar baru tetapi juga tentang manajemen dan pelaksanaan bisnis di tingkat lokal. Ini penting mengingat akan banyak tantangan baru timbul di tempat baru.

Kinerja yang baik di setiap lini bisnis dibutuhkan untuk menyelaraskan apa yang direncanakan dan dilakukan. Ini untuk memastikan rencana yang disusun oleh manajerial bisa dilakukan dengan baik oleh bagian operasional.

Percaya diri bisa diterima di pasar baru

Menjalankan bisnis selain persiapan juga perlu keberanian dalam mengambil keputusan. Termasuk ekspansi. Selain keberanian ekspansi juga membutuhkan kepercayaan diri baru, di tempat baru, di pasar baru. Kepercayaan diri di sini meliputi kepercayaan diterima dengan baik oleh masyarakat, bisa dengan mudah bekerja sama dengan suplier atau mitra lokal, dan lainnya.

Kepercayaan diri ini bisanya bisa dengan mudah timbul jika sudah terlebih dahulu melakukan beberapa studi. Misalnya mengenai pola pengguna setempat, persaingan setempat, tren apa yang sedang berlangsung di tempat tersebut, dan sikap pemerintah atau pemegang regulasi. Jadi intinya ekspansi harus disiapkan secara menyeluruh.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.