Categories

Gadget

Tanpa Layar, Yoto Player Adalah Pemutar Audiobook dan Podcast yang Ideal untuk Anak-Anak

Caranya menghidangkan konten sangatlah bervariasi meski perangkat tidak dibekali layar sama sekali

Glenn Kaonang - 26 April 2021

Menjauhkan anak-anak dari gadget bukanlah pekerjaan mudah, terutama di era serba digital seperti sekarang. Namun dari sekian banyak konten digital, kita tidak boleh lupa dengan yang namanya audiobook, yang pada dasarnya mampu menghibur anak-anak tanpa mengharuskan mereka menatap layar selama berjam-jam.

Audiobook tentu saja dapat kita putar di smartphone atau tablet, tapi sekali lagi, kalau tujuannya adalah mengurangi waktu anak-anak menatap layar, kita butuh gadget lain yang tidak dilengkapi layar sama sekali. Salah satunya adalah gadget unik bernama Yoto Player berikut ini.

Dari kacamata sederhana, Yoto Player merupakan sebuah speaker portabel yang dapat memutar konten audio dari internet. Yang menarik adalah cara Yoto Player menyajikan kontennya. Total ada tiga cara, dan yang paling menarik adalah dengan melibatkan semacam koleksi kartu konten yang dapat dibeli secara terpisah.

Kartu-kartu ini punya ukuran setara dengan kartu yang biasa digunakan sebagai kunci kamar hotel. Selipkan salah satu ke slot yang ada di sisi atas Yoto Player, maka kontennya otomatis akan langsung diputar. Kontennya bisa bervariasi tergantung masing-masing kartunya; bisa berupa cerita, lagu, maupun konten-konten edukatif lainnya.

Pada sisi depan perangkat, ada panel matrix display yang akan menampilkan gambar yang berbeda, sekali lagi tergantung masing-masing kartu konten yang dijejalkan. Saat sedang tidak digunakan, panel display-nya akan menampilkan waktu dan ilustrasi ramalan cuaca. Perangkat juga bisa berfungsi sebagai lampu tidur ketika diletakkan dengan sisi display menghadap ke bawah.

Cara yang kedua dan ketiga adalah dengan menekan kenop berwarna oranye di sebelah kanan. Klik satu kali, maka perangkat akan memutar Yoto Daily, yang pada dasarnya merupakan podcast khusus untuk anak-anak dengan durasi 10 menit dan episode baru setiap hari. Topik yang dibahas pun berbeda-beda setiap harinya. Sebagai contoh, episode di hari Rabu akan membahas lima fakta menarik tentang banyak negara, sedangkan episode di hari Jumat membahas koleksi candaan yang dikirimkan oleh anak-anak pengguna Yoto.

Klik sekali lagi, maka giliran Yoto Radio yang diputar. Sesuai namanya, Yoto Radio tidak lain dari playlist lagu untuk anak-anak. Baik Yoto Daily maupun Yoto Radio ini bisa dinikmati secara cuma-cuma asalkan perangkat terhubung ke internet via jaringan Wi-Fi.

Kalau memang konten-konten gratisan itu masih kurang, tentu saja masih ada cara lain yang lebih ‘primitif’ lagi, yakni memutar konten dari smartphone menggunakan Bluetooth. Untuk mengatur volumenya, cukup putar-putar kenop oranye yang ada di sebelah kiri. Lalu untuk mengisi ulang baterainya, pengguna tinggal meletakkan perangkat di atas charger bawaannya yang mengemas konektor magnetis.

Di Amerika Serikat, Yoto Player saat ini telah dijual dengan harga $100. Setiap kartu kontennya dibanderol di kisaran $6 sampai $12, tergantung durasi dari masing-masing konten.

Sumber: Tech Times.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id