Tanpa Makanan Manis, Nama Android Q adalah Android 10

Tanpa Makanan Manis, Nama Android Q adalah Android 10

Logo pun juga diganti oleh Google
new-android-logo-2019-robot-head-reactions-animated-2
new-android-logo-2019-robot-head-reactions-animated-2

Selama ini, para pengguna Android seperti diperkenalkan dengan nama-nama makanan penutup yang memiliki rasa manis. Mulai dari Cupcake, Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean, Kitkat, Lollipop, Marshmallow, Nougat, Oreo, dan terakhir Pie. Tentu saja banyak pengguna sedang menunggu apa nama dari Android Q yang bakal dirilis oleh Google. Dan mereka pun tidak bakal mendapatkan nama makanan manis lagi.

Era di mana Android menggunakan nama makanan manis pun sepertinya sudah berakhir. Nantinya, nama dari Android Q adalah Android 10, seperti penamaan sistem operasi ala iOS.

new-android-logo-2019-robot-head-reactions-animated-2

 

Dalam sebuah wawancara yang dilakukan oleh Android Authority kepada Sydney Thomashow, kepala brand and creative Android mengatakan bahwa perusahaannya ingin merek Android lebih menempel dan dikenal oleh penggunanya di seluruh dunia. Selain itu, penggunaan nama makanan penutup seperti yang sudah dilakukan sebelumnya ternyata tidak dikenal di beberapa bagian di dunia. Beliau mencontohkan Kitkat dan Nougat yang ternyata tidak dikenal di banyak pasar di dunia.

Saya sendiri cukup sedih mendengar berita yang satu ini. Pasalnya, dengan keluarnya sistem operasi baru, Google sepertinya memberikan hiburan tambahan berupa tebak-tebakan, apa nama dari sistem operasi terbaru mereka. Dengan perubahan ini, tentu saja semua pengguna akan kehilangan hal seperti itu.

new-android-logo-2019-evolution-animated

Selain mengganti penamaan sistem operasinya, Google juga mengubah logo robot dari Android. Maskot Android yang selama ini berbentuk robot, tidak lagi memiliki badan. Jadi, maskot Android adalah kepala robot hijau yang dulu memiliki badan, tangan, dan kaki.

Menghilangkan tangan, kaki, dan badan dari robot Android akan memfokuskan pada satu tujuan: kepalanya. Google juga tidak menghilangkan antena pada kepala robot Android karena dapat membantu mengekspresikan emosi, mengarahkan mata pemirsanya ke arah tertentu, dan lain sebagainya.

 

Bentuk dari maskot Android yang baru memang lucu. Walaupun begitu, kita lihat saja apakah perubahan nama dan maskot dari Android akan benar-benar membuat sistem operasi ini lebih terkenal lagi atau tidak. Toh, Android saat ini sudah digadang sebagai sistem operasi dengan pengguna paling banyak di dunia.

Sumber gambar: AndroidAuthority

 

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Gadget
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…