1. Startup

TapIzy Kini Bisa Dipakai Untuk Membeli Tiket Kereta di Bandung

Produk uang digital Telkomsel, Tap-Izy, kini bisa dipakai untuk membeli tiket kereta di Bandung. Dalam acara peluncuran di Bandung yang diumumkan oleh akun resmi PT. KAI, Tap-Izy dapat digunakan untuk membeli tiket kereta Argo Parahyangan (jurusan Bandung-Jakarta) dan KRD Baraya Geulis (jurusan Padalarang-Bandung-Cicalengka). Sebelumnya pada akhir Januari lalu, Telkomsel juga telah bekerja sama dengan PT. KAI untuk melayani pembelian tiket Prambanan Ekspress (jurusan Yogyakarta - Solo).

Sesuai keterangan Telkomsel dalam situsnya, Tap-Izy merupakan produk dari Telkomsel yang memungkinkan pelanggan untuk melakukan transaksi pembayaran cukup dengan menyentuhkan ponsel ke alat pembaca (reader). Reader ini terdapat pada mesin electronic data capture (EDC) Tap-Izy di kasir. Untuk dapat menggunakan sistem pembayaran ini, pelanggan Telkomsel perlu mengganti kartu SIM-nya dengan kartu SIM yang telah menggunakan teknologi RFID. Karena teknologi ini melekat pada kartu SIM, semua jenis telepon tetap dapat menggunakan layanan ini.

Namun, karena penggunaan Tap-Izy yang membutuhkan reader khusus, sejauh ini Tap-Izy hanya dapat digunakan di gerai -gerai yang telah bekerja sama dengan Telkomsel. Selain stasiun PT KAI, gerai yang telah bekerja sama dengan Telkomsel tersebut antara lain Alfamart, Circle K, Cinema 21, 7 Eleven, Solaria, Indomaret. Itu pun terbatas hanya pada gerai-gerai dan stasiun tertentu di sekitar wilayah Jabodetabek, Yogyakarta, Solo, dan Bandung yang memasang logo Tap-Izy.

Senada dengan harapan Amir, rasanya akan sangat menyenangkan jika layanan seperti ini bertambah dan meluas. Bertambah dalam arti menambah gerai-gerai yang bekerja sama dengan Telkomsel, juga meluas dalam arti menambah wilayah di luar Jabodetabek, Yogyakarta, Solo, dan Bandung.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again