1. Startup

Target dan Rencana dailymotion di Indonesia Tahun Depan

Memiliki lebih dari 20 juta views per bulan di Indonesia, menyasar industri media

Berdiri sejak tahun 2005, layanan video sharing asal Perancis dailymotion masih tetap eksis dan mengklaim mengalami pertumbuhan di seluruh negara. Di Indonesia kehadiran dailymotion, meski tidak setenar YouTube, masih menjadi salah satu layanan video streaming dan sharing populer.

Untuk tahun 2017 mendatang, dailymotion yang memiliki kantor perwakilan di Indonesia berencana untuk memperluas pasar dan melakukan monetisasi kepada korporasi, brand hingga content creator (yang pada umumnya adalah anak-anak muda) untuk memanfaatkan platform dailymotion.

"Untuk Indonesia, saat ini kami dapat dikategorikan sebagai platform video baru. Namun, sejauh ini kami mengalami kemajuan pesat dan mendapat sambutan yang luar biasa dalam hal kemitraan dengan perusahaan media lokal, label musik, jaringan multi-channel dan para pencipta konten, terutama dalam penyediaan sebuah solusi alternatif untuk platform distribusi video," kata Country Manager dailymotion Indonesia & Malaysia Juan Rosyid kepada DailySocial.

Memberikan fitur bermanfaat untuk pengguna, industri dan pencipta konten

Popularitas dailymotion bisa dibilang masih kalah jauh dari YouTube di Indonesia, namun saat ini dailymotion Indonesia makin diramaikan oleh konten video hingga acara televisi yang selalu diperbarui oleh pihak televisi hingga content creator lainnya. dailymotion kini menjadi platform video untuk ragam acara televisi lokal dan asing.

"Kami sedang meningkatkan kemitraan lokal yang berfokus pada kategori seperti TV, berita, olahraga, musik dan hiburan, dalam rangka memperkuat posisi kami bagi para pengguna khususnya yang berusia antara 25-49 tahun. Kami menawarkan sebuah akses untuk menemukan hal-hal yang seharusnya tidak mereka lewatkan, dengan berperan sebagai teknologi terbaik yang mendukung dan menyediakan konten lokal yang terbaik," kata Juan.

Saat ini dailymotion telah memiliki lebih dari 20 juta views per bulan di Indonesia, dengan sekitar 1 juta pemirsa yang mengakses melalui desktop dan 1 juta pemirsa yang mengakses melalui ponsel. Jumlah tersebut diklaim semakin bertambah dengan ragam kategori video yang dimiliki. dailymotion juga mencatat kategori yang paling favorit dikunjungi adalah TV, film pendek, hiburan dan musik.

"Kami dalam proses untuk membawa para pengguna menuju sebuah pengalaman baru. Dalam waktu dekat, mereka dapat memiliki sebuah akses yang lebih cepat dan langsung ke konten favorit mereka, dengan memberikan notifikasi yang lebih relevan dan personalisasi yang akurat. Dan bagi para mitra, kami menawarkan sebuah solusi monetisasi yang unik dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan mereka," kata Juan.

Melancarkan monetisasi

Selain memberikan fitur yang lebih personal kepada pengguna, dailymotion juga secara agresif masih berusaha memperluas kemitraan secara jangka panjang dengan berbagai industri terkait. Di antaranya adalah industri media di Indonesia.

"Hal ini selaras dengan strategi kami di mana konten adalah raja dan kualitas sebuah pengalaman adalah obsesi kami. Selain itu, kami bertujuan untuk lebih melayani para pengguna, meningkatkan basis pengguna, juga lebih mengerti kebutuhan mereka, sehingga hal ini juga dapat secara langsung memberi keuntungan bagi para mitra," kata Juan.

Untuk tahun 2017 mendatang dailymotion Indonesia akan semakin gencar melakukan monetisasi dengan memberikan ragam penawaran untuk para para pemilik konten premium dan pencipta konten.

"Fokus tersebut sengaja kami lancarkan untuk dapat mengoptimalkan monetisasi mereka melalui program penerbit kami, di mana mereka dapat meningkatkan pangsa pendapatan di saat video mereka tertanam pada properti mereka sendiri yang menggunakan pemutar kami," kata Juan.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again