1. DScovery

Target Market: Pengertian, Cara, dan Manfaatnya

Ada beberapa trik penting yang perlu dilakukan untuk menjalankan bisnis. Salah satunya adalah menentukan target market.

Mengetahui target market / target pasar akan sangat penting ketika memulai atau menjalankan bisnis. Mengetahui target market akan membantu kamu membuat produk sesuai kebutuhan dan keinginan mereka, membuat konten pemasaran yang tepat, menjual produk mu di platform yang tepat, dan masih banyak keuntungan lainnya.

Apa itu target market? Yakni sekelompok orang yang diperlakukan sebagai konsumen atau pengguna produk atau layanan. Apa manfaat mengetahui target pasar Anda dan bagaimana cara menentukannya? Langsung saja simak uraian di bawah ini!

Apa Itu Target Market?

Target market atau target pasar pasti sudah banyak didengar oleh berbagai kalangan. Target dapat dikatakan sebagai primary target market atau target utama dari konsumen yang dituju. Dengan kata lain target pasar adalah tujuan dari produk yang dijual kepada siapa saja, tergantung dari berat dan spesifikasi dari produk itu sendiri.

Yang terpenting, jangan mengabaikan target pasar mu. Jika memungkinkan, targetnya adalah semua orang yang membeli dan menggunakan produk perusahaan. Hal ini sangat penting dalam menentukan kelanjutan produk. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui tujuan yang kamu tuju sebelum memutuskan desain produk, harga, dan sebagainya.

Cara Menentukan Target Market

Berikut beberapa cara menentukan target pasar yang bisa kamu coba.

1. Lihat data pelanggan saat ini

Jika bisnis mu sudah berjalan cukup lama dan memiliki pelanggan, lihat datanya. Siapa pelanggan mu saat ini dan mengapa mereka membeli produk atau layanan yang kamu tawarkan? Kamu dapat menggunakan data ini untuk menemukan ciri dan minat yang sama. Kemungkinan besar akan ada orang di luar sana dengan karakteristik yang mirip menyukai produk atau jasa yang kamu tawarkan.

2. Teliti target market pesaingmu

Cara menentukan target pasar selanjutnya adalah dengan meneliti target pasar pesaing/kompetitor pada sektor, produk, atau industri yang sejenis. Target marketmu kira-kira siapa? Kamu bisa mengejar target market yang sama, atau kamu bisa memanfaatkan peluang dengan mengejar target market yang potensial, namun terabaikan oleh kompetitor.

Anggaplah kamu menjual pakaian wanita. Seperti pesaingmu, konsumen target utamamu adalah wanita dari segala usia, dari remaja hingga ibu. Akan tetapi, pesaing tidak menawarkan pakaian plus size. Mereka mungkin hanya melihat ini sebagai peluang untuk mengejar target pasar wanita plus size. Tapi kamu harus meneliti kembali.

Pesaing mungkin mengabaikan pasar sasaran tertentu karena mereka tidak dianggap sangat menguntungkan untuk bisnis.

3. Analisis produk atau layanan yang akan ditawarkan

Selanjutnya, analisis produk atau layanan yang akan disediakan. Tulis daftar fitur dan manfaat dari produk yang kamu miliki. Kamu perlu mengetahui keunggulan produk yang ditawarkan dan di segmen mana yang paling dibutuhkan. Selain itu, kamu juga dapat memahami khasiat, manfaat, dan kerugian produk dan menggunakannya untuk pemasaran yang tepat dan efektif.

4. Menentukan segmentasi target market

Untuk menentukan target pasar, kamu dapat melakukan segmentasi atau kelompok. Segmen ini meliputi segmentasi demografis, psikologis, geografis, dan perilaku/behavioral. Berikut penjelasannya:

• Segmentasi Demografis:

Individu dikelompokkan berdasarkan usia, tingkat pendapatan, jenis kelamin, pekerjaan, status perkawinan, dan tingkat pendidikan.

• Segmentasi Geografis:

Segmentasi ini harus mempertimbangkan apakah kamu ingin menjangkau target pasar di perkotaan, pedesaan, atau di antara keduanya.

• Segmentasi Psikografis:

segmen ini mencakup gaya hidup, keyakinan, sikap, minat, hobi, dan nilai.

• Behavioral: adalah segmen berdasarkan perilaku atau tindakan tertentu untuk dilakukan.

5. Lakukan Evaluasi

Setelah kamu berhasil mengidentifikasi target pasar, langkah selanjutnya adalah melakukan penilaian/evaluasi untuk melihat apa yang telah dicapai dan apa yang perlu ditingkatkan.

Apakah Penting Mengetahui Target Market?

Target pasar dapat dilihat sebagai ukuran kualitas produk. Target pasar ini memungkinkan kamu untuk menciptakan produk yang memenuhi kebutuhan konsumen, minat konsumen, dan harga yang wajar untuk dibeli. Tanpa target pasar, suatu produk sulit bersaing di pasar.

Selain itu, memiliki target pasar juga membantu menentukan tempat menawarkan dan merilis produk mu. Maka beriklan di Instagram atau media sosial lainnya, merupakan cara bagaimana produk kita dapat menjadi dikenal dan dicintai oleh masyarakat umum.

Demikian penjelasan mengenai target market yang dapat disampaikan. Ingatlah baik-baik bahwa bisnis harus dipupuk dengan semangat dan perjuangan. Percayalah bahwa hasil tidak akan mengkhianati proses. Semoga membantu!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again