Categories

Berita

Tarik Pengguna Baru, iflix Perkuat Produksi Konten Original

Baru mengucurkan budget untuk pemasaran, belum ke sampai ke produksi

Marsya Nabila - 21 February 2018

Layanan video on demand iflix terus memperkuat produksi konten original guna mendongkrak jumlah penggunanya di Indonesia. Dalam tahun ini akan ada beberapa film lokal yang tayang secara eksklusif di platform tersebut.

Kerja sama terbaru yang baru-baru ini berlangsung adalah kehadiran film horor Indonesia "Pengabdi Setan". Film ini sebelumnya telah hadir di layar bioskop dan disaksikan oleh lebih dari 4,2 juta penonton.

Kehadiran Pengabdi Setan, melengkapi kerja sama yang sudah dijalin iflix dengan rumah produksi lokal Rapi Films setelah film Hangout (2016), Jilbab Traveler Sparks in Korea (2016), Melbourne Rewind (2016), dan Modus (2016).

Film laris ini diharapkan akan mendongkrak animo pengguna iflix, lantaran film tersebut hadir secara ekslusif di Indonesia saja. iflix telah mengantongi hak siar eksklusif Pengabdi Setan selama 1,5 tahun dan hak lisensi selama empat tahun.

"Dalam pipeline kami akan ada beberapa tambahan konten untuk iflix Original sebagai salah satu strategi di tengah persaingan dengan platform lainnya karena ke depannya akan mengarah ke sana [streaming video]," terang Content Manager iflix Indonesia Alexander Siregar, Senin (19/2).

Sejauh ini, menurut Alex, iflix baru memiliki sekitar lima sampai enam konten original, namun dua di antaranya adalah konten produksi original yakni Oi! Jaga Lambe dan Magic Hour: The Series.

Dalam menghadirkan iflix Original, pihaknya mengaku sementara ini baru persiapkan sejumlah budget untuk pemasaran, belum sampai ke tahap produksi konten. Kendati demikian, Alex enggan membeberkan nominal budget yang dipersiapkan.

Beberapa kelebihan yang diberikan dari iflix Original untuk pemilik konten adalah tampilan logo iflix sebelum film tayang di bioskop, akses menjangkau pengguna iflix secara global, dan sebagainya.

"Jadi kita dengan pemilik konten akan saling promosi satu sama lain. Bantu promosi iflix di bioskop, nanti kita bantu pas mau tayang di iflix. Namun untuk bantu modal produksi belum ada."

Kontribusi konten lokal

Alex melanjutkan konten lokal merupakan strategi yang terus diperkuat iflix dalam meraih pengguna baru. Pasalnya dalam total inventory iflix Indonesia meski secara angka jumlah konten lokal hanya menguasai 30%, namun kontribusinya terhadap bisnis diklaim mencapai 70% dibandingkan konten lainnya.

Berdasarkan top 10 konten terbanyak dilihat di iflix Indonesia, 80% dikuasai oleh konten lokal. Adapun secara global, kontribusi konten dari Indonesia mencapai 40% berdasarkan menit dan unique viewers.

"Sebenarnya dengan konten lokal kita yang masih limited saja, sudah banyak orang yang nonton film Indonesia. Banyak alasan sebenarnya kenapa ini bisa terjadi, ada yang gambling mau nonton tapi ketika memutuskan mau ke bioskop, filmnya sudah enggak ada. Makanya kita mau jadi first window, penayangan pertama setelah tayang di bioskop."

Diklaim kini iflix telah digunakan oleh lebih dari 1 miliar pengguna di 25 negara di seluruh Asia, Timur Tengah, dan Afrika. Menawarkan berbagai konten dari komedi, drama, drama Korea, drama Turki, Bollywood, Nollywood, kartun, film favorit, siaran langsung olahraga, dan sebagainya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter