Asus Luncurkan VivoBook Ultra A412DA Ber-chip AMD

Teknologi AMD Hadir di Asus VivoBook Baru, Tawarkan Fitur Premium di Harga Terjangkau

Peluncuran produk ini 'diselipkan' di tengah-tengah pengungkapan ROG Zephyrus GA502DU dan TUF Gaming FX505.
Asus VivoBook Ultra A412DA.
Asus VivoBook Ultra A412DA.

Dengan memerhatikan perkembangan industri, tak sulit bagi kita untuk mengetahui bahwa saat ini AMD sedang berapi-api. Konsumen merespons positif penawaran AMD dan para vendor berbondong-bondong mengadopsi teknologinya di produk mereka – termasuk pada perangkat komputasi portable. Dan bukan rahasia lagi Sony dan Microsoft menggunakan AMD sebagai basis dari console game next-gen.

Minggu ini, Asus mengundang media di Indonesia untuk mengikuti peluncuran dua laptop gaming anyar. Dan di tengah-tengah acara pengenalan itu, sang perusahaan hardware asal Taiwan menyisipkan satu perangkat kelas mainstream yang bisa digunakan untuk bekerja serta menghibur diri, bernama VivoBook Ultra A412DA.

Vivobook Ultra 7

Memang bukan hal baru bagi Asus untuk melepas produk baru secara berbarengan (dan dalam jumlah banyak). Dan meski VivoBook Ultra A412DA bukan disiapkan untuk menjalankan game-game blockbuster berat, ia masih mempunyai benang merah dengan ROG Zephyrus GA502DU dan TUF Gaming FX505: sama-sama memanfaatkan teknologi persembahan AMD berupa prosesor Ryzen mobile dan GPU Radeon.

Country manager Jimmy Lin menerangkan bagaimana Asus selalu mencoba memberikan pilihan lengkap bagi konsumen. Karena hal inilah mereka menghadirkan notebook super-tipis anyar di keluarga VivoBook yang dibekali prosesor Ryzen mobile generasi kedua. Selain performa tinggi, Lin menjanjikan konsumsi baterai yang hemat serta fitur-fitur ala produk premium dan keunggulan di aspek desain.

Vivobook Ultra 9

 

Ringkas dan atraktif

VivoBook Ultra A412DA merupakan laptop berlayar 14-inci dengan desain ultra-thin. Penampilannya mungil dan tipis, mempunyai dimensi 32,2×21,2×1,9-sentimeter dan berat cuma 1,5kg. Itu berarti laptop tak hanya gampang dibawa-bawa, namun juga mudah diselipkan dalam tas – termasuk tas jinjing wanita. Panel di sana mengusung resolusi full-HD, berstandar output NTSC 45 persen, disertai lapisan anti-glare demi meminimalkan gangguan akibat pantulan.

Vivobook Ultra 1

Yang membuat VivoBook Ultra A412DA tampil lebih manis adalah penggunaan bezel NanoEdge dengan area bingkat berketebalan cuma 5.7-milimeter, memaksimalkan rasio layar ke tubuh hingga 87 persen. Lalu ketika produsen umumnya menawarkan pilihan warna standar – seperti hitam, silver/abu-abu metalik atau emas – Asus mencoba bermain-main dengan opsi merah dan biru. Itu berarti, ada lebih besar peluang bagi VivoBook Ultra A412DA untuk menarik perhatian pengguna berusia muda.

Vivobook Ultra 2

Tapi terlepas dari pemanfaatan desain minimalis, Asus berupaya menjaga aspek konektivitas fisiknya tetap langkap. VivoBook Ultra A412DA didukung oleh masing-masing satu port USB 3.0 type-C, USB 3.1 type-A, USB 2.0 type-A, HDMI, card reader microSD, serta port audio 3,5-milimeter.

Vivobook Ultra 4

 

CPU dan GPU dari AMD

Dalam menangani tugas sehari-hari, VivoBook Ultra A412DA mengandalkan dua komponen utama persembahan Advanced Micro Devices, yaitu prosesor Ryzen generasi kedua seri 3000 beserta GPU terintegrasi Radeon RX Vega. Asus bilang, komponen ini sanggup menghidangkan performa grafis layaknya laptop berkartu grafis discrete serta mampu menyajikan ‘pengalaman hiburan premium’.

Vivobook Ultra 6

Dua hardware esensial di atas ditopang oleh memori RAM DDR4 4- atau 8-gigabyte, penyimpanan berbasis hard drive seluas 1-terabyte, serta baterai lithium-polymer 37WHrs yang kabarnya punya umur tiga kali lipat lebih awet dibanding baterai laptop standar. Ketika di-charge dari kondisi kosong, baterai bisa mencapai 60 persen dalam waktu 49 menit.  Lalu demi mendukung penyuguhan konten lebih jauh, Asus mencantumkan speaker dengan sistem audio Sonic Master.

Vivobook Ultra 5

Untuk menyederhakan akses, Asus tak lupa menyediakan sensor pembaca sidik jari yang terintegrasi dengan Windows Hello. Fitur ini memperkenankan kita untuk log-in tanpa perlu memasukkan password. Dan di sisi konektivitas nirkabel, terdapat Wi-Fi dual-band 802.11ac dan Bluetooth 4.2.

Vivobook Ultra 8

 

Harga dan ketersediaan

Sama seperti ROG Zephyrus GA502DU dan TUF Gaming FX505, konsumen di Indonesia sudah dipersilakan untuk membeli VivoBook Ultra A412DA. Harganya sangat terjangkau, berada di bawah Rp 10 juta. Di tanah air, Asus menyediakan dua varian A412DA, yakni model berprosesor Ryzen 3 (dibanderol Rp 6,6 juta) dan Ryzen 5 (seharga Rp 8,6 juta).

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Gadget
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…