1. Startup

Telah Tersedia: Firefox Versi Mobile

Firefox versi Mobile diluncurkan, persisnya tanggal 29 Januari kemarin, Firefox mengumumkan bahwa kini, pada pengguna Nokia N900 sudah bisa menikmati berbagai fasilitas yang ada di Firefox. Versi mobile ini bekerja melalui Nokia's Maemo Platform.

Beberapa kelebihan yang saya kutip dari blog resmi Mozilla adalah:

  • Weave sync, memudahkan anda yang sering berpindah tugas dari mobile ke desktop vice-versa tanpa kehilangan history browser anda,bookmarks, serta password.
  • Add-ons, fitur andalan Firefox yang kini bisa dinikmati di versi mobile.
  • Location-Aware Browsing, user bisa mendapatkan informasi tentang lokasi dan maps, dimana user berada.
  • Tabbed browsing, yang memungkinkan user membuka tabs browser sebagai tumbnails sehingga memudahkan untuk memilih web pages apa yang ingin anda buka selanjutnya.
  • Awesome Bar, yang memungkinkan user untuk masuk ke situs favorit mereka hanya dengan beberapa shortcut dan pencarian personal.
  • Safe browsing dan versi mobile ini tersedia lebih dari 30 bahasa yang masih terus bertambah

Firefox mengklaim bahwa versi mobile mereka ini merupakan mobile web browser pertama yang support add-ons, bagi user yang memang menjadi salah satu fans add-ons, pengalaman seperti membuka browser di dekstop yang berpindah ke versi mobile akan menjadi daya tarik tersendiri.

Personalitas juga menjadi kata kunci di versi mobile ini, selain dengan add-ons, weave sync juga memungkinkan user memiliki browser mobile yang bisa dipersonalisasikan sesuai dengan preferensi user masing-masing. Firefox menjelaskan sampai saat ini sudah tersedia sekitar 40 Firefox add-ons yang tersedia untuk versi mobile mereka.

Versi mobile ini masih terbatas bagi pengguna handphone Nokia N900 dan belum bisa digunakan untuk mobile phone lain, Firefox menjelaskan bahwa mereka tidak berencana untuk membangun versi mobile mereka untuk iPhone, Blackberry, Symbian atau pun standar mobile phone, hanya mobile phone berbasis Android yang sedang dikembangkan, dan sedang memasuki masa early development dan test.

Ada satu komentar di tulisan saya terdahulu tentang Firefox versi mobile ini yang mengatakan bahwa, versi mobile ini akan sulit bersaing dengan mobile browser lain, mungkin ketika itu masih dalam versi pengembangan, sedangkan kini sudah dirilis secara resmi.

Update

Kalau mau coba, silahkan buka http://firefox.com/m dari perangkat nokia n900 anda. Sampai saat ini baru Nokia N900 yang didukung oleh Firefox Mobile.

Jika anda pengguna Nokia N900, dan sudah mencoba versi mobile Firefox ini, anda bisa share pengalaman anda pada kolom komentar. Atau anda juga bisa memberi pendapat anda, apakah versi mobile dari Firefox ini bisa menggeser Opera Mini dalam jangka waktu tertentu?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again