1. DScovery

Televisi Digital: Pengertian dan Cara mengeceknya Mudah dan Cepat

Segeralah cek apakah televisi kamu sudah digital atau belum agar dapat menjalankan arahan dari Kominfo untuk menerapkan TV digital secara bertahap.

Secara bertahap Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah menerapkan peralihan saran TV analog ke TV digital atau analog switch-off (ASO). Masyarakat diarahkan untuk mengganti siaran televisi ke digital. Hal ini demi mewujudkan era digital bagi Indonesia sesuai yang diarahkan oleh The International Telecommunication Union (ITU) yang merupakan badan khusus Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) pada bidang teknologi informasi dan komunikasi.

Walaupun TV digital ke depannya akan menyuguhkan layanan tontonan yang bagus dan murah. Namun, sebagian masyarakat Indonesia masih belum paham apakah televisi yang mereka punya sudah digital atau belum. Untuk mendapatkan siaran digital, televisi haruslah dipasang Set Top Box (STB).

Lantas bagaimana caranya kita mengecek televisi kita sudah digital atau belum? Tapi sebelumnya kita perlu tahu dulu apa itu televisi digital. Berikut di bawah ini!

Pengertian Televisi Digital

Televisi digital (DTV) adalah jenis televisi yang menggunakan modulasi digital (format bit data seperti komputer) dan sistem kompresi untuk mengirimkan sinyal video, audio, dan data ke televisi. Ini adalah penerapan teknologi digital pada sistem siaran TV yang dikembangkan pada pertengahan 1990-an dan diuji pada 2000-an.

TV digital berbeda dalam banyak hal dari TV analog yang ada sebelumnya, terutama dalam sistem dan kemampuannya. Munculnya televisi digital dianggap sebagai perkembangan paling signifikan sejak munculnya televisi berwarna pada 1950-an.

TV digital modern umumnya memiliki resolusi yang lebih tinggi daripada TV analog karena lebih banyak data yang dapat dikirim melalui HDTV, dan rasio layar yang lebih lebar (16:9) daripada TV analog yang lebih sempit.

Keunggulan lain dari televisi digital adalah spektrum frekuensi radio yang lebih efisien. Ini karena televisi digital dapat memancarkan lebih dari lima saluran per saluran dalam satu saluran analog, menawarkan kemampuan baru yang sebelumnya tidak tersedia di televisi analog. Banyak negara di dunia kini telah beralih ke televisi digital sejak tahun 2000.

Berikut kami berikan langkah-langkah bagaimana mengecek TV sudah digital atau belum. Sebagai berikut!

Cara Mengecek TV di Status Kominfo

  1. Akses laman siaran digital.kominfo.go.id/
  2. Kemudian pilih menu "TV Digital"
  3. Kemudian pilih "TV" dari opsi "Pilih Kategori"
  4. Kemudian masukkan merek TV dan model/tipenya
  5. Jika merek dan tipe TV adalah TV yang sudah menerima siaran TV analog, maka akan ditampilkan deskripsi merek dan tipenya.
  6. Jika TV Anda tidak terdaftar, Anda akan melihat pesan 'Maaf, perangkat yang Anda cari tidak ada di database kami atau Anda belum memiliki otorisasi perangkat.'

Cara Mengecek TV di Sertifikasi Tipe dan Spesifikasinya

Cara lain untuk mengecek televisi kamu sudah digital atau belum adalah dengan memeriksa sertifikasi tipe langsung ke sales toko.

Kamu juga bisa mengecek spesifikasinya melalui situs resmi vendor televisi. Kamu cukup memasukkan nomor seri TV yang biasanya ada di kardus atau buku manual ke situs resminya atau melalui internet.

Cara Mengecek TV di Stiker yang Ada di Belakang Televisi

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengecek stiker yang ada di belakang body TV.  Di sana jika terdapat label maupun jack input built-in HDTV, DTV, Digital Ready, HD Ready, Digital Tuner, Digital Tuner Built-In, Digital Receiver, yang mendukung siaran digital. Maka televisi kamu sudah digital.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengecek apakah televisi Kamu sudah digital atau belum, dan jika masih belum segera untuk mengganti TV analog mu ke digital.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again