Telkom Finnet Hadirkan Tiga Layanan Baru Untuk Monetisasi Bisnis UKM

Telkom Finnet Hadirkan Tiga Layanan Baru Untuk Monetisasi Bisnis UKM

Layanan Finpay, Mobile Point of Sale (MPOS) dan Electronic Invoicing System akan dijajakan secara terpadu
Beri kemudahan sistem pembayaran online kepada UKM, Finnet hadirkan 3 layanan baru / Shutterstock
Beri kemudahan sistem pembayaran online kepada UKM, Finnet hadirkan 3 layanan baru / Shutterstock

Setelah sukses menjalin kemitraan dengan sejumlah e-commerce di Indonesia, PT Finnet Indonesia (Finnet), yang merupakan anak perusahaan Telkom, menghadirkan tiga layanan baru yang dikhususkan untuk sektor UKM. Tiga layanan tersebut adalah Finpay, Mobile Point of Sale (MPOS) dan Electronic Invoicing System. Finpay merupakan sebuah sistem pembayaran yang berfungsi secara end-to-end mempermudah metode pembayaran di bisnis UKM.

Pengembangan solusi pembayaran dan kuangan menjadi langkah strategis Telkom untuk menumbuhkan monetisasi solusi teknologi informasi di pasar UKM. Diperkirakan Indonesia akan memiliki peningkatan jumlah konsumen hingga 135 juta pada tahun 2030 mendatang di pasar UKM. Dan momen tersebut tak ingin dilewatkan oleh perusahaan BUMN penyedia layanan telekomunikasi tersebut

“Kita ada persiapkan tiga produk untuk menggarap (sektor) UKM tersebut melalui program Sobat UKM milik Telkom,” kata Direktur Utama Finnet Indonesia Niam Dzikri kepada Indotelko.

Dzikri melanjutkan, “Electronic Invoicing ini bisa membantu UKM yang belum full online, cukup dengan email bisa mengakses source of fund, ini akan memudahkan mereka. Selain itu kita juga akan tawarkan pengelolaan eKiosk berupa stasisun pulsa di tempat yang ramai. Nanti UKM yang kelola, margin bagi dua dengan Finnet.”

Untuk memperlancar program tersebut, Finnet bekerja sama dengan Telr menghadirkan layanan solusi pembayaran melalui internet (Internet Payment Gateway / IPG) yang nantinya bisa digunakan oleh pelanggan dan merchant yang ada di segmen individu dan UKM. Telr adalah penyedia layanan solusi e-commerce terintegrasi berbasis di Dubai dan Singapura.

“Saat ini Finnet sudah mendominasi bisnis bill payment, dan di tahun 2016 Finnet akan mengembangkan bisnis eCommerce melalui Finpay. Kita harus paranoid, karena kapan pun, siapa pun, dapat men-disruptive kita kecuali kita yang men-disruptive kompetitor,” ungkap Niam.

Nantinya dengan sistem yang dimiliki oleh Telr, memudahkan para pelaku UKM untuk menerima dan mengelola pembayaran online melalui web, perangkat mobile hingga media sosial.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Berita
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…