Categories

Berita

Telkom Kembali Ajak Insan Startup Ikuti Program Inkubasi Dengan Indigo Incubator 2014

Avi Tejo Bhaskoro - 20 January 2014

Program inkubasi pengembangan bisnis untuk para penggiat startup Indigo Incubator kembali digelar. Program yang digagas oleh Telkom ini merupakan kelanjutan dari program inkubasi yang telah diadakan di tahun 2013 sebelumnya dan masih tetap menyediakan sejumlah pendanaan yang bernilai besar.

Dalam program Indigo Incubator ini, nantinya para insan startup yang mengikuti program tersebut akan diberikan kesempatan untuk merealisasikan karya kreatif yang telah digagas baik itu dalam berbentuk ide maupun produk, untuk nantinya dapat dijembatani oleh Telkom sendiri dalam memperluas jaringan pasar bagi startup yang telah masuk ke dalam ranah bisnis.

Sesuai dengan keterangan resmi yang kami peroleh, di tahun 2014 ini program Indigo Incubator akan membuka kesempatan bagi 20 startup untuk mengikuti program inkubasi di Bandung Digital Valley dan 10 startup di Jogja Digital Valley. Dalam masa inkubasi, 30 startup yang telah terpilih dari seleksi pertama akan memperoleh sejumlah dukungan terkait dalam bentuk fasilitas, layanan, akses pasar, dan juga hal yang cukup penting bagi insan startup yakni pendanaan. Menariknya, jumlah pendanaan yang ditawarkan tak tanggung-tanggung.

Untuk pengembangan bisnis startup, program ini menyediakan pendanaan sebesar Rp 250 juta per startup dalam bentuk seed capital atau modal awal. Bagi startup yang dinilai memiliki prospek bisnis yang sangat baik , program ini juga menyediakan opsi pendanaan lanjutan yang berjumlah hingga sebesar Rp 2 milyar.

Selayaknya program inkubasi, para startup yang mengikuti program ini akan akan melalui kegiatan mentorship dan pendampingan bisnis oleh para profesional melalui  kerjasama dengan MIKTI (Masyarakat Industri Kreatif TIK Indonesia). Setelah selesai melalui beberapa tahap dari awal hingga akhir, para startup nantinya dapat langsung mengkomersialisasikan produk  yang telah dikembangkannya kepada 150 juta pelanggan Telkom di Indonesia beserta 10 negara lain yang masuk ke dalam cakupan bisnis internasional dari Telkom.

Dengan bertemakan “Building Stronger Digital Talented Entrepreneur through Digital Startup Incubation Initiative”, Indigo Incubator mengadakan berbagai roadshow di 7 kota besar di Indonesia yakni Jakarta, Bandung, Surabaya, Denpasar, Jogjakarta, Medan, Palembang dan Denpasar. Dari gelaran roadshow ini, pihak Telkom mengharapkan dapat menjadi upaya sosialisasi program Indigo Incubator dalam merangkul banyak startup berpotensi untuk dapat bergabung mengembangkan bisnis bersama Telkom.

Rencananya, menurut keterangan yang kami peroleh, program Indigo Incubator ini akan dimulai pada hari Rabu, 22 Januari 2014 mendatang, bertempat di Menara RDC PT. Telkom. Bagi startup yang ingin mendaftarkan diri dalam bentuk konsep, ide, maupun  produk dapat langsung mengakses halaman resmi Indigo Incubator.

Jangan lupa perhatikan 10 kategori yang wajib dipilih sebelumnya yaitu: tourism, finance & banking, koperasi, education, public service, transportation & logistic, health apps, smart home & mobility, digital media entertainment  dan juga digital advertising agar nantinya tak salah masuk kategori.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter