1. Startup

Telkomsel dan Sisfo Indonesia Hadirkan Solusi Vessel Monitoring Solution untuk Industri Maritim

Rangkaian solusi Telkomsel MyBusiness untuk enterprise skala menengah ke atas

Telkomsel bekerja sama dengan Sisfo Indonesia menghadirkan solusi sistem pemantauan kapal perikanan (Vessel Monitoring Solution/VMS) berteknologi hybrid yang memanfaatkan infrastruktur GSM sebagai solusi dari Telkomsel MyBusiness untuk melengkapi fitur-fitur yang ada di alat pemantau kapal perikanan tersebut.

Sisfo Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak dalam pengembangan dan implementasi teknologi informasi, termasuk dalam penyediaan layanan maritim.

Direktur Sales Telkomsel Sukardi Silalahi mengatakan infrastruktur GSM yang digunakan pada VMS tidak hanya akan membantu pemantauan penangkapan ikan oleh pemerintah. Tapi juga membantu meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan nelayan.

"Kerja sama dengan Sisfo Indonesia sesuai dengan semangat Telkomsel untuk memberikan manfaat teknologi telekomunikasi ke seluruh lapisan masyarakat," terang Sukardi dalam keterangan resmi.

Direktur Utama Sisfo Indonesia Nirwan Harahap menambahkan konektivitas di laut selama ini mengandalkan satelit yang memiliki keterbatasan bandwith. Dengan menggunakan tambahan infrastruktur GSM di jaringan Telkomsel, teknologi hybrid pada VMS akan lebih banyak memberikan keuntungan baik bagi nelayan, maupun bagi keperluan peningkatan kualitas penangkapan ikan oleh nelayan.

Bagi pemerintah, VMS merupakan bagian usaha memerangi illegal, unreported, dan unregulated fishing. Untuk pemilik kapal, VMS akan membantu efisiensi dan efektivitas pengelolaan informasi kapal, serta memperkirakan hasil tangkapan ikan. Sementara bagi nelayan, VMS akan membantu meningkatkan produktivitas serta mempermudah komunikasi dari kapal.

Selain teknologi konektivitas hybrid, solusi VMS juga memiliki banyak fitur seperti Tracking untuk memonitor posisi dan pergerakan kapal; Log Book yang memungkinkan nelayan melaporkan posisi penangkapan dan hasil ikan, sehingga hasil tangkapan diterima oleh pasar dengan harga layak.

Selanjutnya fitur Fish Forecast untuk membantu nelayan mengidentifikasi keberadaan ikan di laut; Distress Solution/Panic Button yang dapat digunakan nelayan untuk informasi darurat di kapal untuk mendapatkan bantuan; Weather Information untuk perkiraan informasi cuaca dari pihak otoritas seperti Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika.

Tersedia pula Messaging Service yang merupakan sistem pengiriman pesan buat para nelayan berkomunikasi dengan petugas pelabuhan yang berwenang di darat. Terakhir, Geofencing yang memanfaatkan GPS atau radio frequency identification untuk membantu nelayan mendapatkan informasi ketika memasuki daerah terlarang untuk menangkap ikan (marine protection area).

Solusi yang diberikan Telkomsel ini merupakan rangkaian untuk para klien enterprise kalangan menengah ke atas. Kemarin, Telkomsel meluncurkan portal MyBusiness Store untuk menyasar pengguna skala menengah ke bawah atau UKM.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again