Categories

Berita

Telkomsel Rilis Aplikasi Perpustakaan “T-Perpus” Bersama Gramedia Digital

Bagian dari CSR, tertutup hanya untuk pengguna Telkomsel

Marsya Nabila - 21 August 2018

Telkomsel merilis aplikasi perpustakaan digital “T-Perpus” bersama Gramedia Digital Nusantara (GDN). Peluncuran tersebut menjadi salah satu upaya meningkatkan literasi membaca buku, sekaligus rangkaian dari kegiatan CSR Telkomsel.

Berdasarkan data UNESCO, Indonesia merupakan salah satu negara dengan tingkat literasi terendah ke dua di dunia. Minat baca juga tergolong rendah, yang menyebabkan kemampuan membaca, berhitung, pengetahuan ilmiah anak-anak Indonesia masih di bawah negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, dan Thailand.

Atas latar belakang tersebut, akhirnya membuat Telkomsel bersemangat untuk meluncurkan T-Perpus. Kompetensi GDN sebagai anak usaha Kompas Gramedia Group yang khusus menangani distribusi buku secara digital diyakini dapat mempercepat proses literasi.

“Kolaborasi bersama Telkomsel ini bisa jadi awal untuk mewujudkan misi kami sebagai akselerator untuk kemajuan bangsa ini,” kata COO GDN Adi Ekatama, Senin (20/8).

Sebelum dengan Telkomsel, GDN sudah bermitra dengan institusi lainnya untuk distribusi buku digital. Di antaranya BRI, PT PP, Group Astra dan KBRI Thailand.

Tidak ada monetisasi

Tampilan aplikasi T-Perpus / DailySocial
Tampilan aplikasi T-Perpus / DailySocial

T-Perpus merupakan bagian program CSR, oleh karenanya Telkomsel tidak menjadikan aplikasi ini sebagai tambahan model bisnis baru. T-Perpus berisi ribuan buku digital yang dihadirkan GDN, bisa diakses secara gratis dan sepuasnya. Hanya saja aksesnya terbatas untuk pengguna Telkomsel.

Pengguna cukup membayar biaya keanggotaan sebesar Rp5 ribu, bisa baca seumur hidup. Pada tahap awal, Telkomsel menggratiskan akses ini untuk 5 ribu pengguna pertama. Setelah angka pengguna terlampaui, baru biaya keanggotaan diberlakukan.

“Sekarang ini masih berisi terbitan publisher lokal, nanti mau ditambah dari penerbit luar sehingga akan semakin banyak konten yang bisa diakses. Juga akan ada konten video untuk gaet lebih banyak kalangan milenial,” ucap Direktur HCM Telkomsel Irfan A Tachrir.

Untuk sementara, Gramedia sebagai penyedia konten T-Perpus baru menyediakan 5 ribu buku dengan 69 kategori yang bisa diakses secara gratis buat pengguna Telkomsel. Mayoritas konten tersebut diperuntukkan pelajar dari tingkat SMA hingga ke bawah.

Agar penetrasi membaca dapat terus meningkat, Telkomsel akan menempatkan perangkat tablet di 1000 kampus yang berlokasi di Jawa Barat. Kemudian, secara periodik segera merambah lokasi lainnya seperti sekolah dan balai desa terpencil yang sudah terhubung dengan koneksi Telkomsel. Harapannya dengan kegiatan ini akan semakin banyak anak-anak yang gemar membaca.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter