1. Startup

Temukan Rekomendasi Restoran Terbaik di Seluruh Indonesia Dengan Abraresto

Situs rekomendasi dan reservasi restoran asal Singapura – Abratable  hari Jumat lalu meluncurkan platformnya yang diberi nama Abraresto di Indonesia. Dalam situs ini, pengguna dihadirkan sejumlah sajian review serta rekomendasi lokasi-lokasi restoran terbaik di seantero Indonesia. Tak hanya review semata, dalam Abraresto juga menyajikan konten yang berbasis layanan social media dimana di dalamnya pengguna juga dapat berinteraksi antar sesama.

Dalam press release yang kami terima, Abraresto dideskripsikan sebagai tempat atau media bagi pengguna yang tak hanya mampu memperoleh rekomendasi restoran-restoran terbaik di penjuru kota namun juga dapat berinteraksi dengan sesama pengguna layaknya sebuah platform jejaring sosial.

Dalam keterangan tersebut, platform jejaring sosial yang diusungnya merupakan layanan yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna dalam mencari tahu lokasi dimana teman terdekatnya sedang berada di sebuah restoran atau cafe atau spot menarik dimana saja. Dalam fitur ini kemungkinan fungsi yang ditawarkan akan mirip seperti fitur “Check-in” seperti halnya Foursquare dan beberapa jejaring sosial yang menggunakan fungsi yang sama.

Ankur Mehrotra selaku CEO dari Abratable dalam rilisan resminya tersebut mengungkapkan, dalam misinya memasukkan layanan Abraresto ke dalam pasar Indonesia, ia dan timnya menemukan minat masyarakat Indonesia dalam mencari rekomendasi lokasi kuliner sangatlah tinggi, namun sangat disayangkan belum memiliki wadah informasi yang secara lengkap membahas rekomendasi, serta ulasan yang juga diperkuat oleh fungsi-fungsi seperti platform social media.

“Ketika saya pertama kali datang ke Indonesia untuk meng-eksplor pasar pada Januari tahun ini, saya mendapati ketika bertanya kepada teman-teman dari Indonesia perihal rekomendasi restoran-restoran terbaik di seluruh penjuru kota yang saya dapatkan adalah mereka menanyakan perihal tersebut melalui media BBM (BlackBerry Messenger) hingga Twitter sekalipun. Melihat hal itu, kami semakin yakin untuk mengembangkan layanan Abraresto di Indonesia untuk membuat Anda menemukan lokasi yang direkomendasikan oleh teman Anda dengan cara yang instan,” ungkap Ankur.

Situs rekomendasi dan review dari lokasi-lokasi restoran di Indonesia sendiri sejatinya sudah cukup banyak yang melayani hal yang serupa, seperti contohnya dari lingkup startup ada KulinerPlus yang beberapa waktu lalu sempat kami ulas, dan juga ada pemain besar seperti Openrice, Qraved dan lain sebagainya.

Namun, dari kesemuanya tersebut mungkin bisa dibilang “hanya” Abraresto yang benar-benar baru menggabungkan antara platform rekomendasi restoran yang keseluruhannya disajikan dengan fungsi-fungsi seperti halnya situs jejaring sosial, atau dalam arti kata lain food platform yang diusung oleh Abraresto mampu menghubungkan antar sesama pengguna untuk saling berintegrasi dan bertukar informasi restoran-restoran favoritnya.

Dalam layanannya, Abraresto menghadirkan pencarian restoran secara cepat lengkap dengan ragam dan jenis venue-nya mulai dari Bar hingga restoran Fast Food sekalipun, berikut dilengkapi dengan keterangan tambahan lainnya seperti keterangan lokasi, info masakan, info harga, fasilitas, hingga keterangan lainnya seperti info restoran halal sekalipun dengan lengkap dijabarkan di Abraresto.

Sesuai dengan platformnya yang menyematkan fitur social media, melengkapi layanan rekomendasi restoran, dalam Abraresto juga menghadirkan fitur yang disebut dengan “My Network”. Dalam fitur ini, pengguna dapat mem-filter hasil pencarian yang diperoleh dari list teman-teman yang terhubung baik itu dari Facebook maupun platform jejaring sosial lainnya yang dirangkum dalam “My Network” itu sendiri.

Setelah seluruh teman-teman terkumpul, fitur My Network kemudian menyesuaikan pengalaman pengguna dengan menampilkan sejumlah review, rekomendasi, dan aktivitas lainnya dari lingkaran network yang terkoneksi antar pengguna. Hal ini tentu menjadikan Abraresto sebagai platform yang bisa disebut sebagai “social food media”.

Dalam memasuki layanannya di Indonesia, pada bulan Juli lalu Abraresto sempat mengumpulkan sejumlah grup kecil yang dikumpulkan untuk menguji layanan yang diusungnya dan hasilnya sendiri ternyata cukup memuaskan. Diklaim, setelah melalui pengujian berskala kecil tersebut Abraresto mengalami pertumbuhan pengguna yang hingga kini berjumlah sekitar 30.000 anggota yang terdaftar.

Dengan lebih dari 5.000 listing restoran terdaftar yang terdiri dari restoran, bar, cafe, hingga jajanan kaki lima yang tersebar di seluruh area Jabodetabek, tentu Abraresto memiliki potensi yang cukup baik untuk bersaing diantara kompetitor lainnya. Walau entry dari list yang dimiliki oleh Abraresto belum sebanyak pesaingnya, namun setidaknya dari pencapaian tersebut bisa dibilang merupakan start yang cukup baik dari Abraresto, apalagi dengan berhasil dicapainya angka 3.000 reviewer dalam tiga bulan terakhir, bukan suatu hal yang sesumbar apabila nantinya Abraresto mampu bersaing secara ketat.

 

[ilustrasi foto oleh: Shutterstock]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again