1. Startup

Tentang Akuisisi Posterous oleh Twitter

Kemarin pagi, kita disambut dengan berita yang cukup mengejutkan bahwa Posterous, situs blogging yang berumur 4 tahun telah diakuisisi oleh Twitter. Reaksi pertama saya adalah "holy shit!" Sangat sulit untuk mencerna berita tersebut karena adanya beberapa faktor yang membuat akuisisi tersebut tidak masuk akal, sedangkan hanya ada satu faktor yang membuatnya demikian.

Twitter adalah sebuah layanan postingan teks yang singkat yang berfungsi sebagai jaringan informasi, dan untuk banyak orang berfungsi juga sebagai platfrom olahpesan. Layanan ini tidak memberikan fasilitas teks lebih dari 140 karakter. Sedangkan Posterous, kebalikannya, layanan ini lebih mirip dengan Tumblr. Posterous merupakan layanan blogging secara penuh, jejaring yang juga memungkinkan Anda untuk membagi berbagai format media termasuk gambar, audio, video, pdf, dan dokumen lainnya.

Jadi apa yang akan terjadi dengan Posterous?

Banyak yang melihat Posterous sebagai kompetitor langsung dari Tumblr, tetapi tetapi Posterous tidak pernah bisa mencapai skala dan popularitas yang sama dengan perusahaan milik David Karp ini, namun layanan ini melahirkan fitur dan aplikasi inovatif, terutama cara mempublikasikan konten apapun dengan sangat mudah langsung dari email.

Ketika layanan lain memberikan alamat email unik per pengguna sebagai cara untuk mengirimkan konten, di Posterous Anda hanya perlu mengirimkan konten ke alamat email post@posterous.com dan layanan ini akan mengurus hal-hal yang bersangkutan berdasarkan alamat email yang Anda gunakan. Posterous kemudian mengembangkan platform mereka dari blog individu menjadi Spaces yang lebih mengarah pada cara membagikan foto dan video untuk keluarga dan organisasi.

Tampaknya Twitter lebih tertarik pada tim yang ada di Posterous daripada produk itu sendiri, seperti yang juga disebutkan di blog resmi Twitter tentang berita akuisisi ini. Hal ini mungkin berarti layanan Posterous Spaces akan menghadapi masa depan yang kurag jelas.

Tulisan resmi dari founder Posterous, Sachin Agarwal, mengatakan bahwa perusahan tersebut akan membuat pengumuman lanjutan yang akan menjelaskan lebih jauh apabila akan ada perubahan dari layanan mereka. Tulisan di blog resmi Twitter juga mengatakan hal yang sama, dan ditambahkan pula bahwa layanan Posterous akan tetap berjalan tanpa ada gangguan sama sekali.

Lalu selanjutnya apa? Pertama-tama, tim yang ada di Posterous akan bergabung ke Twitter, mengerjakan proyek yang bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan layanan Twitter. Ini berarti, secara nyata, setelah akusisi dirampungkan, Posterous tidak akan memiliki bagian teknis di perusahaan tersebut dan layanan ini pada akhirnya akan ditutup juga, kecuali jika Twitter memiliki alasan untuk mempertahankan Posterous dan menjadikannya sebagai produk mereka. Kemungkinan terakhir sepertinya tidak akan terjadi karena baik Twitter dan Posterous mengatakan bahwa dalam waktu dekat mereka akan memfasilitasi proses pemindahan dan backup konten.

Bagian yang paling jelas dari FAQ akuisisi ini adalah: “We’ll give you ample notice before any changes to the service and we’ll share clear instructions about how to move your content to other services. In the meantime, your Spaces will remain up and running without disruption.”

Kalimat "In the meantime" lebih mengindikasikan bahwa layanan Posterous yang telah berumur 4 tahun akan ditutup, sepertinya akhir tahun ini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again