Terapkan 5 Hal Berikut Saat “Pitching” Jika Ingin Dilirik Investor

Terapkan 5 Hal Berikut Saat “Pitching” Jika Ingin Dilirik Investor

Menunjukkan rasa percaya diri, eksekusi yang tepat, dan cerita startup yang menarik
Lima hal yang perlu dicermati jika pitching ingin berakhir sukses / Pexels
Lima hal yang perlu dicermati jika pitching ingin berakhir sukses / Pexels

Hingga kini melakukan penggalangan dana masih menjadi kegiatan yang paling berat dan harus dilalui oleh startup. Pendekatan dengan venture capital, memperluas jaringan dengan investor hingga mempromosikan ide bisnis yang ada, menjadi salah satu kegiatan wajib oleh pemilik startup.  Meskipun melelahkan dan cenderung berakhir gagal, proses pitching hingga presentasi di hadapan investor, merupakan proses yang paling banyak dilakukan di awal untuk startup baru.

Artikel berikut akan memberikan informasi seputar hal-hal yang perlu dicermati dan dipersiapkan, ketika startup bersiap melakukan penggalangan dana kepada investor.

Percaya diri dengan produk / layanan

Salah satu hal yang menjadi sorotan dari investor adalah, ketika pemilik startup mampu memberikan penjelasan yang detil tentang ide bisnis dengan rasa percaya diri. Tidak ada salahnya untuk bersikap sedikit arrogant atau tinggi hati, selama Anda bisa meyakinkan kepada investor bahwa produk atau layanan yang dimiliki memiliki potensi untuk berkembang dan menghasilkan pendapatan.

Eksekusi

Ide bisnis yang cerdas akan berakhir dengan sukses jika dibarengi dengan eksekusi yang tepat. Intinya adalah jika tidak diterapkan eksekusi dengan baik, ide yang menurut Anda brilian akan menjadi sia-sia. Untuk itu pastikan langkah atau tahap yang akan Anda lalui tepat adanya, ketika melakukan pitching kepada calon investor.

Jalankan bisnis secara bootstrap

Sudah banyak startup baru yang menjalankan bisnis dengan cara bootstrap, ternyata cara ini sangat disarankan oleh investor. Dengan demikian Anda memiliki cukup waktu untuk mengembangkan dan memiliki secara penuh bisnis hingga royalty produk dan layanan Anda. Saat startup masih menjalankan bisnis secara bootstrap, temukan juga anggota tim yang handal dan bisa diandalkan.

Cerita startup

Perihal lain yang juga menjadi perhatian dari para investor adalah, cerita atau latar belakang yang jelas dan lengkap dari pemilik startup, terkait dengan alasan didirikannya startup. Jawaban yang jujur dan masuk akal, akan langsung diingat oleh investor. Untuk itu buatlah cerita yang menarik, singkat dan jelas, tentang latar belakang startup Anda.

Produk yang disukai pengguna

Akan menjadi nilai tambah jika pemilik startup mampu memberikan bukti, testimoni atau prestasi yang didapatkan dari target pengguna hingga pelanggan setia saat ini. Dengan demikian investor bisa melihat, produk atau layanan yang Anda tawarkan berfungsi dengan baik dan pastinya dibutuhkan oleh pengguna.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Tips
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…