12 June 2014

by Bambang Winarso

Terbentur Isu Keamanan OpenSSL, Peluncuran OnePlus One Kembali Diundur

Rasa kecewa tampaknya harus kembali ditelan oleh calon pembeli smartphone OnePlus One. Setelah beberapa waktu yang lalu gagal membawa pulang perangkat karena batal diluncurkan, kini calon pembeli harus kembali dikecewakan dengan kepastian mundurnya peluncuran smartphone berbasis Cyanogen Mod 11S tersebut.

Kepastian mundurnya peluncuran OnePlus One disampaikan dalam pesan elektronik yang ditujukan kepada konsumen dan media yang menunggu undangan. Dalam suratnya, pihak OnePlus mengatakan bahwa perangkat masih harus mendapatkan update terakhir untuk menyempurnakan penambalan celah keamanan pasca munculnya isu OpenSSL pada 5 Juni lalu.

Tampaknya OnePlus ingin menyertakan tambalan keamanan untuk mencegah timbulnya masalah terkait publikasi isu openSSL tersebut.

Menurut salah satu anggota CyanogenMOD menjelaskan lewat Reddit, proses penyelesaian update ini memang memakan waktu sebab publikasi terbaru terkait isu OpenSSL mengharuskan semua firmware untuk disertifikasi ulang, namun demikian ia memastikan tindakan ini sebagai sesuatu yang harus dilakukan karena dapat memberikan keuntungan khususnya dari segi keamanan perangkat.

 

Info Menarik: LG Rilis 6 Video Tutorial Penggunaan Fitur-Fitur Andalan yang Ada di Smartphone G3

 

Sayangnya OnePlus kurang pintar untuk menenangkan konsumennya dengan tidak menyertakan tanggal pasti kapan masalah ini akan teratasi. Akibatnya bisa sangat beragam, bukan tidak mungkin akan muncul anggapan miring yang berpotensi menurunkan minat pembeli.

Meskipun demikian, di sisi lain, hal ini bisa juga sebagai pembelaan, karena jika dipikirkan lagi mundurnya peluncuran OnePlus One bukan disebabkan oleh 'kesalahan' OnePlus ataupun pihak CyanogenMOD dalam membuat perangkat tetapi lebih dikarenakan momen yang kurang tepat. Kita tunggu saja perkembangan selanjutnya.

Sebagai penyegar ingatan, seperti yang sudah sempat TRL ulas, OnePlus One ini merupakan smartphone canggih yang konon katanya berbanderol lebih terjangkau. Canggihnya seperti apa? yang pertama karena smartphone ini menggunakan Qualcomm, Snapdragon 801. Kedua, karena smartphone ini memiliki CPU quad-core berkecepatan 2,5GHz, GPU Adreno 330 dan memori RAM sebesar 3GB.

Berikutnya berbekal layar LCD IPS berukuran 5,5-inci dengan resolusi 1080p dan pelindung Corning Gorilla Glass 3, kamera 13-megapixel, NFC, Wi-Fi dual-band, Bluetooth 4.1, radio GPS, dan mendukung jaringan LTE serta kemampuan enkripsi SMS, tema spesial, app privacy guard, equalizer audio, file manager, hingga aplikasi kamera khusus.

Dengan spesifikasi selengkap itu, OnePlus One dibanderol US$299 untuk model 16GB dan untuk varian 64GB bisa didapatkan hanya dengan US$349.

Sumber berita Mobilesyrup dan gambar header OnePlus.net.