1. Lifestyle

Terinspirasi dari Doraemon, Game Baru Pencipta Harvest Moon Siap Dirilis Awal Tahun Depan

Birthdays the Beginning mengusung gameplay sandbox, memberikan Anda keleluasaan membangun dunia berbentuk kubus yang akan jadi rumah bagi flora dan fauna unik.

Hampir semua gamer Millenial di Indonesia mungkin cukup akrab dengan Harvest Moon (kini dinamai Story of Seasons). Permainan simulasi bertani sekaligus role-playing ciptaan Yasuhiro Wada ini pertama kali dilepas di SNES, dan dalam perjalanan panjangnya, melahirkan banyak sekuel, spin-off serta menginspirasi developer lain untuk menciptakan game berformula serupa.

Terbatasnya perilisan Harvest Mood (belakangan cuma dilepas di console Nintendo dan handheld) membuat gamer beralih ke alternatif lain. Tapi ada kabar gembira jika Anda betul-betul mendambakan kreasi orisinal dari sang kreator. Bekerja sama dengan Arc System Works, studio baru Yasuhiro Wada yang ia namai Toybox Inc. rencananya akan meluncurkan karya digital berjudul Birthdays The Beginning di platform game current-gen.

Dari sisi estetika, Anda akan melihat banyak kesamaan antara Harvest Moon dan Birthdays, namun ia lak lagi menyuguhkan formula simulasi farming. Birthdays the Beginning mengusung gameplay sandbox, memberikan Anda keleluasaan membangun dunia berbentuk kubus yang akan menjadi rumah bagi flora dan fauna unik. Dengan sedikit eksperimen, pemain bisa menentukan keadaan geografis dan mengubah temperatur hingga kondisinya cocok bagi pertumbuhan ekosistem.

Mungkin Anda segera melihat elemen game lain muncul di Birthdays: penggunaan balok ala Minecraft, dan ada sedikit konsep Spore serta Viva Piñata di sana. Di awal, permainan akan memberikan sebongkah kecil daratan dan pelan-pelan mengajari Anda bagaimana cara menciptakan sungai, air terjun dan samudra. Beberapa item bisa Anda kumpulkan, berguna untuk melahirkan, menarik perhatian, atau mengembangkan spesies baru.

Perjalanan kehidupan di kubus kecil Anda dimulai dari tahap phytoplankton dan zooplankton, selanjutnya stromatolite dan cyclomedusa akan muncul, lalu disusul trilobite. Anda bisa menangkap makhluk-makhluk ini dan menambahkannya ke library. Wada bilang, gameplay mirip Pokémon tersebut (karena Anda bisa mengumpulkan beragam fauna) sebetulnya terinspirasi dari seri manga Doraemon.

Story mode Birthdays menyuguhkan empat episode, menantang pemain untuk 'melahirkan' manusia. Meski dinamai 'mode cerita', game tidak memiliki narasi standar, lebih pada memberikan Anda panduan dalam melakukan eksplorasi dan mengumpulkan makhluk hidup. Pemain membutuhkan waktu kira-kira 20-30 jam buat menamatkan ceritanya, dan 50 sampai 100 jam buat mengoleksi organisme-organisme lainnya.

Birthdays the Biginning dijadwalkan untuk dirilis pada tanggal 7 Maret 2017 di PlayStation 4 dan PC via Steam. Jika Anda tertarik, Toybox Inc. sudah membuka gerbang pre-order.

Via Eurogamer. Sumber: Steam & Rock Paper Shotgun.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again