Categories

Game

Tersedia Untuk Semua Orang, Bagian Library di Steam Kini Tampil Lebih Atraktif

Untuk menikmati tampilan baru ini, jangan lupa update software client Steam Anda.

Yoga Wisesa - 31 October 2019

Melimpahnya konten, kemudahan pemakaian, beragam opsi transaksi, lokalisasi harga, lengkapnya fitur, integrasi ke platform kompetitor, serta program-program diskon ialah sejumlah hal yang membuat pengguna sulit berpaling dari Steam. Namun ditakar dari faktor estetika, Steam memang bukanlah layanan dengan UI paling atraktif. Begitu banyak fitur membuat menunya terlihat tumpang tindih.

Valve sudah lama menyadari kelemahan di layanan distribusi digital mereka itu. Sejak bulan September kemarin, developer meluncurkan program beta dalam upaya mendesain ulang salah satu bagian terpenting di sana: library. Sebelumnya, Steam library tampak sangat padat. Kolom kiri menampilkan daftar permainan, lalu kolom kanan memperlihatkan beragam info dan update mengenainya. Tapi mulai hari ini, setiap orang bisa menikmati Steam library versi baru yang jauh lebih cantik.

Saat log-in ke software Steam, beberapa dari Anda mungkin belum bisa segera menjumpai 'all new' Steam library. Mungkin itu disebabkan oleh belum ter-update Steam, atau proses pembaruan masih berjalan. Jangan cemas. Yang perlu Anda lakukan adalah membuka menu 'Steam' di pojok kiri atas, lalu pilih 'Check for Steam client updates...' Saat tadi bagian ini saya buka, Steam ternyata masih mengunduh pembaruan.

Selanjutnya, Steam akan meminta Anda untuk me-restart client. Ikuti saja, kemudian log-in ulang. Silakan klik 'library' dan Anda segera disuguhkan tampilan anyar.

Valve tidak banyak mengubah layout dari library. Sisi kiri tetap memperlihatkan game list (plus logo), tapi ada yang berbeda dari bagian tengah. Di sana, developer menyajikan beberapa zona berbeda. Area paling atas diisi oleh What's New, yaitu update terkait Steam serta permainan-permainan milik Anda. Di bawahnya ada Recent Games, yakni game-game yang baru dibeli atau baru masuk ke library. Setelahnya, Steam menjabarkan seluruh koleksi Anda lengkap dengan poster mini.

Gerakan kursor mouse ke salah satu gambar/poster game dan Anda dapat mengetahui seberapa banyak waktu yang telah dihabiskan buat memainkannya. Steam library anyar juga menyajikan fitur add shelf (menambahkan rak custom), memperkenankan Anda mengumpulkan judul-jadul favorit di satu tempat - atau untuk memamerkannya. Metode kustomisasinya sangat sederhana, via drag and drop.

Klik salah satu game di library dan Anda akan dibawa ke laman baru yang didedikasikan ke permainan tersebut. Di sana Anda disajikan link ke Store Page, Community Hub, Discussions, Workshop, bagian Support, serta menggunakan fitur Find Groups. Seperti biasa, terdapat pula kolom news update, Achievements, Trading Cards, screenshot serta informasi mengenai teman-teman Anda yang juga memainkan game tersebut.

Tampilan baru library merupakan tambahan manis untuk layanan digital yang jadi favorit jutaan gamer tersebut. Namun bagi saya pribadi, update library ini memberikan dampak negatif. Ia menyadarkan saya mengenai begitu banyaknya permainan yang sama sekali belum saya sentuh dan dampak buruk dari ketidakmampuan saya menahan diri saat Steam sale berlangsung...

Via Steam.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter