1. Startup

The New Disqus: Disqus v4

Disqus merilis versi terbaru layanan mereka yang dinamakan Disqus v4. Beberapa pembaruan yang terjadi antara lain desain dan interface baru, Add-ons, analytics serta API baru.

Pembaruan yang terjadi dikatakan Disqus dalam rangka meningkatkan kegunaan, utilitas serta keseluruhan pengalaman para pengguna atas layanan dari Disqus. Disqus v4 akan memiliki desain baru yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan layanan Disqus secara lebih udah, dengan user interface baru serta kemudahan navigasi. Namun perubahan yang terjadi juga tetap memiliki beberapa elemen dari versi yang lama, yang dianggap masih bekerja dengan baik.

Perubahan tampilan yang terjadi yaitu pada halaman admin, atau pada tampilan dashboard di akun Disqus pengguna, di mana kini Anda bisa melihat melihat berbagai komentar yang telah Anda buat diberbagai situs yang menggunakan layanan Disqus, mencari komentar yang pernah Anda buat atau mengubah dan menghapus komentar yang pernah dibuat dalam satu tempat.

Tampilan admin ini juga menyediakan beberapa pilihan kategori untuk melihat komentar tertentu, seperti pilihan untuk melihat semua komentar, hanya yang kita buat atau yang melakukan reply atas komentar kita. Anda juga bisa melakukan reply atas komentar tertentu atau melihat secara lengkap percakapan atas komentar tertentu dengan mengklik 'context'.

Penambahan fitur lainnya yaitu add-ons, fasilitas ini merupakan fasilitas yang diberikan sebagai layanan premium dari Disqus, yang berfungsi untuk pemilik situs yang mempunyai komunitas yang bertumbuh pesat atau sudah cukup besar. Add-ons bisa dibeli dalam tiga pilihan paket layanan premium, seperti Plus, Professional serta VIP, dengan harga mulai dari $19/bulan sampai $999/bulan. Beberapa add-ons yang tersedia antara lain: analytics, realtime updating, dukungan atas moderasi, partner API access, single sign-on dan add-ons lainnya.

Dan yang terakhir, Disqus kini merilis API terbaru yang didesain dari scratch untuk mendukung semua fasiltas yang ada di Disqus. Seperti yang dijelaskan di blog mereka, API baru ini masih dalam pengembangan namun telah digunakan pada situs baru Disqus.

API dari Disqus ini memberikan fasilitas bagi para pengembang untuk berinteraksi dengan layanan atau data yang tersedia di Disqus, saat ini ada sekitar 160 juta lebih percakapan yang terjadi di layanan Disqus yang digunakan diberbagai situs.

Disqus sendiri, bersamaan dengan merilis versi 4 mereka telah mencapai titik tolak baru bagi layanan mereka, saat ini jaringan Disqus telah mencapai 200 juta orang perbulannya, dan menjadikan Disqus sebagai jaringan terbesar keempat di U.S. (dari data Quantcast). Disqus sendiri telah memiliki 500.000 komunitas serta lebih dari 18 juta profil pada layanan mereka.

Perubahan dan rilis versi terbaru ini juga melengkapi beberapa pembaruan yang telah dilakukan Disqus, terutama untuk tampilan Global Profiles dan Community Box yang merupakan fasilitas untuk melihat profil pengguna Disqus serta komunitas yang ada pada situs tertentu, yang tampilannya terlihat pada kolom komentar pada situs yang menggunakan Disqus, salah satunya seperti yang ada di DailySocial.

Untuk yang tertarik dengan API dari Disqus bisa melihat pada tautan ini dan ini, sedangkan untuk yang ingin melihat berbagai paket add-ons bisa dilihat pada tautan ini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again