20 January 2015

by Oki Rosgani

Tidak Akan Ada Lagi Nama 'Ascend' untuk Smartphone Huawei Mendatang

Huawei, salah satu produsen smartphone asal Tiongkok, dilaporkan telah memiliki rencana untuk menghentikan penamaan Ascend untuk salah satu lini produknya.

Nama Ascend sendiri sebelumnya merupakan salah satu nama untuk lini produk smartphone yang dibesut Huawei sejak beberapa tahun lalu, produk smartphone Ascend pertama kali hadir ditahun 2012 dengan sistem operasi Android 2.1, selanjutnya beberapa seri lain muncul mengikuti perkembangan jaman dengan spesifikasi yang semakin meningkat.

Tidak hanya hadir dengan balutan sistem operasi Android, beberapa produk berlabel Ascend ini juga hadir dengan sistem operasi Windows Phone, beberapa model yang berjalan dengan sistem operasi besutan Microsoft itu diantaranya adalah Ascend W1 dan Ascend W2, yang kedua ini sempat masuk ke pasar tanah air melalui operator CDMA, Smartfren.

 

Info menarik: Menikmati VR Bersama-sama Tanpa Headset Dengan Immersis

 

Berdasarkan berita yang dilansir dari situs PhoneArena, sebuah laporan mengatakan bahwa Huawei akan menghentikan penamaan Ascend untuk jajaran smartphone-nya, sehingga produk penerus dari seri Ascend P7 itu akan diberi nama tanpa embel-embel nama Ascend lagi.

Bila kabar ini benar, bisa dipastikan bahwa produk smartphone Ascend P7 adalah produk smartphone Ascend terakhir yang akan dirilis olehHuawei. Smartphone Ascend P7 sendiri merupakan smartphoneflagship karena dijejali dengan spesifikasi yang cukup mumpuni dikelasnya.

Dari sumber yang sama juga didapatkan informasi bahwa smartphone penerut Ascend P7 diperkirakan akan bernama Huawei P8. Perangkat ini hadir dengan layar berukuran 5,2 inci, dijejali dengan resolusi 1080 x 1920.

Lalu  diotaki dengan prosesor besutan Huawei sendiri yakni Kirin 930 yang mengusung dapur pacu delapan inti untuk menggedor performa smartphone yang memiliki dukungan RAM 3 GB tersebut. Kabarnya, smartphone Huawei P8 juga akan hadir dengan pembaca sidik jari dan kapasitas penyimpanan internal sebesar 32GB.

Mengawali debutnya dengan sistem penamaan baru tanpa sebutan Ascend, vendor smartphone asal Tiongkok ini juga dikabarkan akan menghadirkan smartphone Android lainnya yang bertajuk Huawei D8. Berbeda dengan Huawei P8, smartphone D8 akan hadir dengan spesifikasi lebih gahar dengan bentang layar lebih luas yakni 5,5 inci yang mengusung resolusi 1440 x 2560 piksel, serta prosesor Kirin 950 rancangan Huawei yang menggunakan arsitektur 64-bit .

 

Info menarik: Kompor Induksi Terbaru Samsung Dapat Menciptakan Api Virtual

 

Arsitektur 64-bit pada perangkat smartphone dan tablet sepertinya juga akan menjadi lebih populer pada tahun 2015 ini karena dipercaya mampu memberikan performa yang lebih maksimal yang diimbangi dengan konsumsi daya lebih rendah.

Huawei D8 juga akan hadir dengan daya tampung memory yang lebih besar dari P8, yakni 4GB untuk RAM dan 64GB untuk media penyimpanan internal, sehingga dipastikan bahwa Huawei D8 akan menjadi smartphone flagship  teranyar yang akan digelontorkan Huawei pada tahun 2015 ini.

Diperkirakan Huawei D8 akan ditawarkan dengan harga dikisaran US$ 800 dan akan ditampilkan pada ajang Mobile World Congress (MWC) 2015 yang akan digelar di Barcelona pada bulan Maret mendatang.

Sumber: PhoneArena.