1. Startup

Tiga Aplikasi Android untuk Menemani Mudik

Mudik merupakan kegiatan tahunan khas warga Indonesia khususnya Jakarta yang memiliki banyak perantau dari berbagai daerah di Indonesia. Mudik bertujuan untuk berkumpul dan mempererat kembali silahturahmi dengan sanak saudara, namun para pemudik sering kali menghabiskan banyak waktu dan tenaga di tengah jalan.  Berikut kami rangkum aplikasi berbasis Android yang akan menemani dan membantu Anda dan pemudik lainnya di tengah jalan agar selalu aman sampai di tempat tujuan.

Rute Jawa Aplikasi ini sangat cocok bagi pengguna yang ingin berpergian di sekitar Pulau Jawa. Melalui aplikasi ini, pengguna akan mendapatkan informasi yang dibutuhkan sepanjang perjalanan. Memfokuskan data untuk jalur terpadat di pulau Jawa saat arus mudik, aplikasi Rute Jawa menghadirkan titik-titik penginapan, pom bensin, kantor polisi, tempat makan, tempat ibadah, rumah sakit, dan lain sebagainya. Aplikasi ini memanfaatkan fitur GPS perangkat mobile pengguna untuk menyortir salah satu kategori, contohnya Tempat Makan, maka berbagai restoran dan rumah makan lain akan ditampilkan berdasarkan jarak terdekat, pengguna juga dapat menggunakan rute atau penunjuk arah untuk mencapai tujuan tertentu. Selain itu Rute Jawa juga memiliki kompas dan peta.

Kesederhanaan aplikasi ini seharusnya dapat difokuskan dengan lebih baik melalui data yang lebih lengkap dan akurat. Setelahnya mungkin ada pembaruan dari pulau-pulau lain, karena pengguna tidak hanya dari Pulau Jawa saja.

DARURAT! Tidak ada salahnya mempersiapkan diri dengan lebih teliti, namun kadang banyak kejadian yang tidak diinginkan kerap terjadi. Menanggapi hal itu, tim pengembang Meridian membangun sebuah aplikasi dengan nama DARURAT! sehingga pengguna tidak perlu panik ketika keadaan demikian datang. Lagi-lagi aplikasi ini harus memanfaatkan GPS untuk memaksimalkan segala fitur-fiturnya. Aplikasi ini memiliki kategori: Ambulans, Pemadam, Polisi, Keluarga, PMI, Keracunan, SPBU, SAR, Bencana.

Dari tiap kategori tersebut, pengguna dapat langsung melakukan panggilan suara berdasarkan posisi terdekat yang tersedia, shortcut tersebut sangat membantu jika pengguna dalam keadaan panik. Selain menu call, tiap kategori juga menyediakan daftar tempat lain yang serupa dalam jarak tertentu.

Isikota Sebagai salah satu finalis Samsung Developer Competition tahun lalu, Isikota memang aplikasi yang harus dimiliki untuk para pemudik yang ingin berlibur di kota-kota Indonesia. Isikota memberikan promosi dan daily deals yang berbeda setiap harinya. Merangkum promo dalam bentuk katalog lengkap untuk membantu pengguna berbelanja dari tempat-tempat di sekitar pengguna nyaris di seluruh kota-kota Indonesia. Pengguna dapat mencari kemudian memberikan review seputar tempat favorit yang menarik, dan membagikannya kepada rekan-rekan melalui media sosial.

 

[ilustrasi foto: Shutterstock]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again