Categories

Feature

Tiga Cara Mudah Beli Bitcoin

Mulai dengan metode instan, dari bursa trading hingga melalui komunitas

Luno - 24 May 2017

Artikel ini adalah bagian dari seri edukasi Bitcoin oleh Luno (sebelumnya BitX) Indonesia.

Dengan semakin meningkatnya harga Bitcoin, Anda mungkin ingin segera beli Bitcoin sebelumnya harganya semakin melambung tinggi. Lalu apa saja cara beli Bitcoin yang dapat Anda pilih?

Ada tiga cara beli Bitcoin yang dapat dilakukan:

(1) Beli Bitcoin langsung dengan metode instan

Beli Bitcoin dengan metode instan adalah cara yang paling mudah dalam membeli Bitcoin. Dengan metode ini, Anda dapat mendapatkan langsung Bitcoin Anda pada harga kurs yang tertera pada saat tersebut. Anda cukup memasukkan berapa Rupiah yang ingin Anda bayar atau berapa Bitcoin yang ingin Anda beli. Biasanya, metode ini banyak digunakan untuk pemula yang baru mengenal Bitcoin ataupun mereka yang tidak ingin ambil pusing dalam membeli Bitcoin. Metode ini sangat cocok jika Anda ingin membeli Bitcoin dan menyimpannya sebagai aset investasi jangka panjang. Tergantung tiap perusahaan Bitcoin, pembelian Bitcoin dapat dilakukan dengan metode transfer bank (baik ATM atau internet banking), berbagai gerai minimarket, atau penyedia layanan e-wallet.

Jika dianalogikan, pembelian Bitcoin dengan metode ini adalah seperti ketika Anda membeli mata uang asing di money changer. Anda hanya perlu menyebutkan Anda mau beli berapa dan Anda langsung mendapatkan mata uang asing tersebut. Sama seperti money changer pada umumnya, Anda bukan membayarkan berdasarkan ‘harga pasar’ (yang biasa Anda lihat di Google) namun berdasarkan ‘harga jual’ atau ‘harga beli’.

Jika Anda ingin membeli Dollar misalnya, Anda akan membayar mengikuti ‘harga jual’ di money changer tersebut. Begitu juga jika Anda ingin menjual Dollar Anda, maka Dollar Anda akan dihargai mengikuti ‘harga beli’ yang ada di money changer. Hal ini berlaku ketika Anda menggunakan metode beli instan yang ada di perusahaan/platform Bitcoin.

Namun, tidak semua perusahaan atau platform Bitcoin menyediakan metode ini. Salah satu penyedia layanan beli Bitcoin langsung di Indonesia adalah Luno. Anda dapat mengaksesnya melalui https://www.luno.com/id atau mengunduh aplikasi Luno Bitcoin Wallet di Android/iOS.

(2) Beli Bitcoin dari bursa (Exchange) dan melakukan trading

Cara lain membeli Bitcoin adalah menggunakan bursa pertukaran (Exchange). Cara ini lebih kompleks namun Anda akan memiliki kontrol lebih atas harga Anda membeli Bitcoin. Cara ini menunjukkan Bitcoin juga dapat digunakan sebagai instrumen trading. Metode ini banyak digunakan oleh traders yang melakukan investasi jangka pendek tapi terus-menerus. Jadi, pembeli dengan metode ini akan melakukan jual beli terus menerus untuk mendapatkan keuntungan dari selisih harga Bitcoin. Sama seperti pembelian dengan metode instan, pembelian Bitcoin dapat dilakukan dengan metode transfer bank (baik ATM atau internet banking), berbagai gerai minimarket, atau penyedia layanan e-wallet, tergantung perusahaan Bitcoin pilihan Anda.

Contohnya, Anda dapat ‘memasang’ order untuk membeli 1 Bitcoin pada harga Rp. 25.000.000,- ketika harga pasar Bitcoin saat itu adalah Rp. 27.000.000,-. Dengan begitu, Anda dipastikan akan mendapatkan Bitcoin pada harga Rp 25.000.000,- namun Anda diharuskan menunggu pergerakan harga Bitcoin (yang fluktuatif) untuk menyentuh harga Anda atau dalam kata lain, menunggu datangnya ‘penjual’ yang menjawab permintaan Anda. Di contoh ini, Anda bertindak sebagai market maker dalam posisi pembeli. Jika nantinya ada penjual yang ingin menjualkan Bitcoin mereka kepada Anda pada harga yang Anda inginkan, maka penjual tersebut akan mengambil order Anda, dan ia lalu disebut sebagai market taker.

Berbagai platform biasanya mengenakan biaya (fee) kecil untuk market taker, kadang biaya ini berlaku untuk kedua posisi baik market maker dan market taker. Namun, hal ini berbeda tergantung bursa perusahaan Bitcoin. Di Luno Indonesia sendiri, saat penulisan artikel ini, trading fee hanya sebesar 0.2% untuk taker dan bonus 0.2% diberikan untuk para maker.

Kelemahan dari metode ini adalah Anda mungkin saja tidak mendapatkan Bitcoin langsung pada harga yang Anda inginkan karena Anda perlu menunggu pergerakan harga Bitcoin menyentuh harga yang Anda inginkan. Anda juga perlu mengerti berbagai elemen dalam laman Exchange untuk fasih melakukan trading. Jika Anda ingin melakukan trading dengan versi yang lebih sederhana, Anda dapat mengunduh versi aplikasi di Android dan iOS yang akan menunjukkan platform yang lebih mudah untuk dimengerti.

Laman Trading di Luno Indonesia / Sumber: https://www.luno.com/trade/XBTIDR
Laman Trading di Luno Indonesia / Sumber: https://www.luno.com/trade/XBTIDR

(3) Beli Bitcoin dari komunitas (peer-to-peer)

Ini adalah cara beli Bitcoin tanpa melalui platform atau perusahaan Bitcoin, namun melalui kelompok atau komunitas sesama pengguna Bitcoin. Walaupun beredar beberapa komunitas Bitcoin seperti ini, ada risiko besar karena transaksi Anda tidak dijamin oleh platform Bitcoin apapun. Contohnya adalah setelah Anda melakukan transfer, Bitcoin bisa saja tidak Anda terima karena Anda tidak mengenal penjual Bitcoin tersebut. Anda lalu tidak dapat melapor kepada siapapun mengenai hal tersebut. Beli Bitcoin dengan dua cara sebelumnya adalah cara yang lebih direkomendasikan untuk membeli Bitcoin dengan aman dan mudah.

Sebelumnya dikenal dengan nama BitX, Luno adalah platform jual, beli, kirim, terima, dan simpan Bitcoin di Indonesia. Luno tersedia di website, iOS, dan Android.

 

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter