1. Startup

Tiga Faktor Yang Mengganjal Pertumbuhan Mobile Internet di Indonesia

Pertumbuhannya masih bergantung harga smartphone, kualitas produk, dan biaya akses Internet melalui perangkat mobile

Dalam perhelatan puncak hackathon Android One Hack for Impact, Google Indonesia mengajak para pekerja kreatif untuk turut serta berperan memecahkan tiga masalah utama DKI Jakarta melalui pemanfaatan teknologi mobile yang dikembangkan. Di sela-sela rangkaian acaranya, Consumer Marketing Manager Google Indonesia Sandy Tantra mengemukakan bahwa pertumbuhan mobile Internet dapat diakselerasi jika masalah harga smartphone, kualitas perangkat, dan biaya akses Internet dapat diatasi.

Apa yang dipaparkan bukan tanpa alasan. Mengutip pemberitaan Seluler.id, Sandy berujar:

“Dari 80 juta orang (pengguna Internet di Indonesia), 70 persen di antaranya mengakses Internet dari mobile.”

Angka tersebut diproyeksikan akan terus meningkat seiring pemanfaatan konsumsi mobile Internet di tengah masyarakat Indonesia yang memang dikenal sebagai konsumen mobile-first. Sandy mengakui bahwa pertumbuhan tersebut dapat diakselerasi jika tiga hal berikut dapat diatasi:

Harga smartphone

Kehadiran berbagai brand menawarkan lebih banyak pilihan smartphone yang dilengkapi dengan fitur yang dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kompetisi yang sengit membuat faktor harga menjadi salah satu hal penting yang menjadi pertimbangan. Hambatan harga smartphone nampaknya sedikit demi sedikit terkikis oleh kehadiran smartphone seharga kurang dari satu juta Rupiah di pasaran.

Kualitas hardware

Harga jual smartphone yang ditawarkan biasanya berbanding lurus dengan kualitas perangkat itu sendiri. Spesifikasi yang seadanya dijual dengan maksud menyasar pasar entry-level, sementara untuk menikmati fitur dan pengalaman komputasi yang tercanggih, pengguna harus merogoh kocek jauh lebih dalam untuk menikmatinya. Pertanyaannya adalah bagaimana menyediakan smartphone dengan harga terjangkau, tetapi tetap dengan spesifikasi lumayan, bahkan bagus.

Biaya akses Internet

Biaya paket berlangganan data internet cenderung mahal dengan kecepatan yang tidak terlalu bisa diandalkan, padahal era big data tidak dapat terelakkan lagi. Masyarakat butuh akses Internet yang lebih cepat, tanpa perlu dibatasi oleh kuota yang cenderung menjebak, tetapi tetap ramah di kantong. Alternatif lain adalah bagaimana menghemat penggunaan data, misalnya optimasi konsumsi data.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again