Categories

Social Media

Instagram Makin Matang Sebagai Platform Belanja Online dengan Tiga Fitur Baru

Tampilan yang lebih proper untuk berbelanja, belanja dari post berbentuk video, dan fitur wish list

Glenn Kaonang - 16 November 2018

Dahulu mungkin tidak terbayangkan bahwa suatu brand atau pemilik bisnis wajib memiliki akun Instagram demi kepentingan promosi. Sekarang, Instagram secara perlahan terus menjelma menjadi salah satu platform jual-beli online.

Sebelumnya sempat beredar rumor bahwa Instagram tengah menyiapkan aplikasi terpisah khusus untuk kebutuhan berbelanja. Kabar tersebut belum terwujud, tapi bukan berarti Instagram sudah jengah menambahkan fitur-fitur seputar shopping ke aplikasi utamanya.

Sebanyak tiga fitur shopping anyar sekaligus mereka perkenalkan baru-baru ini. Yang pertama adalah tampilan baru untuk akun pemilik bisnis yang memiliki lapak dagangan di Instagram. Jadi ketika konsumen mengunjungi profilnya, mereka tinggal mengklik tombol berlabel “Shop” untuk menampilkan seluruh produk yang bisa dibeli dari profil Instagram-nya, lengkap dengan semua info yang relevan.

Kedua, konsumen sekarang juga bisa membeli barang dari post berbentuk video. Cukup klik icon shopping di kiri bawah suatu post, maka Instagram akan menampilkan daftar produk dalam video yang dipasarkan oleh akun tersebut.

Instagram shopping wish list

Terakhir, konsumen kini dapat menyimpan produk-produk yang menarik buatnya ke koleksi khusus shopping, semacam wish list kalau di platform e-commerce pada umumnya. Timing peluncuran fitur ini jelas bukan kebetulan, mengingat sebentar lagi kita bakal menjalani musim liburan.

Pada dasarnya peluncuran fitur-fitur baru ini bisa dilihat sebagai cara Instagram untuk menguji apa yang bisa mereka tawarkan melalui aplikasi khusus shopping-nya nanti. Andai kata aplikasi IG Shopping itu tak jadi terealisasi, setidaknya Instagram memang sudah semakin matang sebagai platform belanja online.

Sumber: Instagram via Adweek.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter