1. Startup

Tiga Hal yang Harus Disyukuri Ketika Temukan Investor yang Tepat

Investor tepat dapat menjadi mediator, penghubung untuk membuka koneksi baru, hingga membantu mendorong dan melepaskan tekanan startup

Investor dan startup adalah satu kesatuan yang sulit untuk dipisahkan karena mau tidak mau keduanya memang saling membutuhkan. Namun, ini bisa jadi hubungan paling rumit yang pernah ada dan banyak yang meyakini “klik” dalam hubungan startup-investor sudah sama seperti mencari pasangan hidup. Maka cobalah berterima kasih, seperti yang disampaikan Partner Upfront Ventures Kara Nortman, bila Anda berhasil menemukan investor yang tepat.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa mencari investor yang sesuai dengan visi misi suatu startup tidaklah semudah membalik telapak tangan. Perlu ketekunan dari pendiri startup bila ingin menemukan investor yang sesuai dengan bisnisnya dan membina hubungan yang terjalin. Ini karena hubungan investor-startup bisa berkembang ke arah yang rumit dalam perjalanannya nanti.

Tapi, bukan berarti menemukan “pasangan hidup” yang sesuai adalah hal yang mustahil. Kara Nortman adalah salah satu contohnya di luar sana. Dengan menemukan investor yang sesuai, ada banyak pengalaman positif yang dapat dipetiknya.

Kara menyampaikan:

“Hampir setiap startup punya apa yang saya sebut “Justin Bieber Moment”. Tidak peduli seberapa mudah Anda peroleh pendanaan dan seberapa sempurna lintasan Anda. Sesuatu. Selalu. Berjalan salah. […] Terlepas dari seperti apa bentuk masa-masa sulit yang Anda alami, Anda akan ingin tahu bahwa Anda memiliki investor di sisi Anda yang dapat menjadi sekutu saat kemilau [startup] memudar.”

Dapat berperan sebagai mediator

Dalam berbagai sisi, menurut Kara, menjalin hubungan dengan investor adalah yang hal yang paling rumit. Ini karena pendiri tidak akan bertemu dengan mereka setiap harinya. Jadi pendiri akan berakhir dalam hubungan berkala, namun sangat intim dengan tantangan yang sama seperti hubungan “long distance relationship” dalam hubungan romantis.

Tapi bila ada suatu isu timbul antara Anda sebagai pendiri dengan co-founder, tak jarang juga investor berperan sebagai penengah. Di samping itu, Kara juga menyebutkan bahwa investor adalah rekan pendiri untuk mengambil keputusan kunci dalam bisnis. Jadi coba tanyakan pada diri sendiri, apakah investor Anda dapat menjadi rekan yang setuju untuk tidak setuju, atau memilih untuk lebih banyak campur tangan?

Menjadi pintu penghubung untuk membuka jaringan koneksi

Satu lagi nilai tambah bila Anda telah mengenal investor Anda cukup lama. Dalam kasus Kara, Mark Suster dan Dana Settle yang telah dikenalnya bertahun-tahun dan menjadi investor di startup Kara bernama Seedling, memiliki peran penting di capital dan jaringan koneksi. Ini berkaitan dengan dihubungkannya Kara ke salah satu co-founder.

Di samping itu, Kara juga diminta oleh Mark untuk melakukan penelusuran rekam jejak. Meski awalnya enggan, namun Kara tetap berbicara dengan beberap pendiri yang ada dalam portofolio Mark. Umpan balik yang diterima nyatanya sejalan dengan yang dipikirkan Kara dan itu membuat tingkat kepastian hubungan investor-startup menjadi lebih sehat dan lebih terbuka dari awal.

Membantu mendorong dan meringankan tekanan untuk lebih produktif

Poin terakhir ini mungkin adalah salah satu yang terpenting dalam chemistry hubungan investor dan pendiri startup, sama pentingnya seperti tiap hubungan lain yang sukses. Alasannya, karena dalam hubungan terbaik, investor Anda harusnya dapat menjadi kritikus paling pedas sekaligus cheerleader terbesar Anda. “Chemistry dan sejarah tidak mungkin untuk dipalsukan,” tekan Kara.

Investor yang “klik” dengan pendiri startup, seharusnya dapat bantu melepaskan tekanan dan juga mendorong untuk tumbuh di waktu yang tepat. Dalam kasus Kara, Mark berperan untuk mengangkat tekanan di saat Kara meletakkan terlalu banyak tekanan di bahunya sehingga membuat dirinya menjadi tidak produktif. Di samping itu, Mark juga tahu kapan waktu yang tepat untuk mendorong produktivitas dan meringkan beban.

Dipaparkan Kara, “Ia juga sangat banyak membantu dengan mempekerjakan karyawan kunci, PR, dan memperdebatkan isu-isu strategis penting. Kami hanya sepakat beberapa waktu dan kami pasti mengalami saat-saat di mana kami tidak setuju dengan sepenuh hati. Tapi, proses itu biasanya membuat saya lebih baik dan berimbas pada perluasan perusahaan saya.”

Menemukan investor yang sesuai untuk startup memang tidak semudah yang selalu dibayangkan. Sebagai pendiri, Anda perlu tekun untuk membangun hubungan dengan investor yang ingin dijangkau dan diajak bekerja sama. Lakukanlah beberap hal sederhana seperti menelusuri rekam jejaknya untuk mengenal lebih jauh dan berikan waktu untuk bernapas agar hubungan dapat tumbuh dengan alami.

“Jika Anda ingin menjangkau investor karena benar-benar ingin bekerja sama dengan investor bersangkutan, berilah waktu bernapas untuk hubungan tersebut,” tandas Kara.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again