Categories

Gadget

Tiga iPhone Terbaru Serta Apple Watch 4 Resmi Dijual pada Gerai Erafone

iPhone XR, XS, dan XS dan jam pintar terbaru Apple sudah resmi di Indonesia

Dimas Galih W. - 19 December 2018

Apple sudah memperkenalkan perangkat baru mereka bulan September lalu dengan nama iPhone XS, XS Max, dan XR. Selain merupakan penerus dari iPhone X, ketiganya juga mengusung teknologi baru yang bahkan belum bisa digunakan di Indonesia. Bersama dengan Erajaya, jajaran iPhone terbaru ini pun diluncurkan pada tanggal 14 Desember 2018 lalu bertempat di iBox Central Plaza Jakarta.

Penjualan dimulai pada pukul 10 pagi dimana barisan dibedakan atas mereka yang melakukan pre order dan yang langsung membeli di tempat. Uniknya, di antara orang yang mengantri untuk membeli, seorang mantan penyanyi cilik terlihat disana untuk membeli satu unit iPhone XR. Antrian pun juga terlihat tidak sepanjang seperti saat iPhone X.

iPhone yang diluncurkan di Indonesia merupakan versi yang menggunakan satu eSIM dan satu SIM fisik. Hal itu berarti pengguna di Indonesia hanya bisa menggunakan satu nomor saja, yaitu menggunakan SIM fisik. Hal itu disebabkan belum tersedianya layanan eSIM oleh operator di Indonesia.

Ternyata, hal tersebut merupakan permintaan langsung dari pihak Apple. Menurut Djatmiko Wardoyo selaku Direktur Pemasaran Grup Erajaya, pihak Apple mengetahui bahwa di Indonesia teknologi eSIM belum ada. Namun, alokasi tiap negara ditentukan oleh Apple dan pihak distributor boleh menerima atau tidak. Tentu hal tersebut diterima Erajaya agar mendapatkan alokasinya.

Teknologi eSIM sendiri baru digunakan pada 10 negara, yang meliputi Amerika serikat, Kanada, Inggris, Jerman, Spanyol, Australia, Republik Ceko, Hungaria, Kroasia, dan India. Beberapa operator di Indonesia sudah memberikan sinyal bahwa mereka juga bakal mengadopsi teknologi tersebut. Google juga tengah mempersiapkan dukungannya terhadap eSIM.

Selain iPhone, Apple Watch generasi ke empat juga dijual pada ajang yang sama. Sayangnya, kami tidak menemukan barang demo yang menyala pada saat acara tersebut.

Harga jual perangkat yang diluncurkan adalah sebagai berikut iPhone XS 64GB IDR 20.499.000 iPhone XS 256GB IDR 23.499.000 iPhone XS 512GB IDR 27.499.000 iPhone XS Max 64GB IDR 22.499.000 iPhone XS Max 256GB IDR 25.499.000 iPhone XS Max 512GB IDR 29.499.000 iPhone XR 64GB IDR 15.199.000 iPhone XR 128GB IDR 16.499.000 iPhone XR 256GB IDR 18.299.000 Apple Watch Series 4 40 mm IDR 7.999.000 Apple Watch Series 4 44 mm IDR 8.499.000

It's an iPhone!

Kami pun mencoba bernavigasi dengan menggunakan perangkat yang ada di depan kami, yaitu iPhone XS, XS Max, dan XR. Perhatian pun langsung tertuju kepada sang layar besar, iPhone XS Max. Di antara ketiganya, iPhone XS lah yang memiliki layar paling kecil.

iPhone XR merupakan yang paling terjangkau di antara dua saudaranya. Walaupun memiliki resolusi yang lebih rendah dari dua jenis lainnya, namun secara sekilas pengguna tidak bakal bisa melihat perbedaannya. Setelah menggunakan cukup lama baru bisa terasa.

Seperti biasa sebuah iPhone, apalagi baru, mustahil memiliki lag saat digunakan. Akan tetapi, penggunaannya memang mirip dengan iPhone X yang sudah lebih dulu diluncurkan. Pada perangkat yang diluncurkan kali ini, ketiganya menggunakan finishing kaca pada bagian belakangnya. Tentu saja ini bakal membuat sidik jari banyak menempel pada sisi tersebut.

Sekilas, saat melihat hasil kamera pada ketiga perangkat ini memang sangat baik. Sayang, karena keterbatasan waktu serta keadaan lapangan, kami tidak bisa melakukan transfer foto dari ketiga iPhone yang ada. Walaupun begitu, kami cukup mengagumi hasilnya.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter